Sub PB PON Jayapura Gelar Pelatihan Teknis Jurnalis Peliputan PON XX
beritapapua.id - Ketua Umum Sub PB PON XX Kluster Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw (kiri). (dok. jayapurakab)

Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON XX Kabupaten Jayapura menggelar Pelatihan Teknis Jurnalis Peliputan PON XX Papua di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, 20 – 21 Agustus 2021.

Ada sekitar 70 wartawan dari Kabupaten dan Kota Jayapura yang ikut dalam Pelatihan Teknis Jurnalis Peliputan PON XX tersebut.

Dalam pelatihan jurnalistik itu terdapat pengetahuan dasar tentang 14 cabang olahraga yang akan bertanding di PON XX Papua, di Kabupaten Jayapura. Para jurnalis juga mempelajari cara meliput kompetisi di berbagai cabang olahraga itu.

Ketua Panitia Pelaksana pelatihan itu, Paskalis Keagop mengatakan pelatihan akan membekali jurnalis dengan pengetahuan untuk meliput PON XX Papua. Para jurnalis tersebut mempelajari beragam istilah dalam setiap cabang olahraga yang ada. Hal ini agar para jurnalis tidak salah menuliskan berbagai istilah cabang olahraga yang nantinya untuk diberitakan.

“Mayoritas wartawan lokal belum [pernah] terjun dalam iven nasional seperti PON XX Papua. Ada beberapa cabang olahraga yang secara rutin diliput jurnalis, seperti sepak bola atau voli. Namun istilah cabang olahraga PON sangat banyak,” ujar Keagop, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Jayapura nantinya akan mempertandingkan 14 cabang olahraga. Sedangkan di Kota Jayapura akan mempertandingan 16 cabang olahraga dalam perhelatan PON XX tersebut.

Baca Juga : Rumah Sakit Pertamina di Sorong Turunkan Tarif PCR Hingga Rp525.000

Pelatihan teknis jurnalis ini juga menghadirkan para pelatih dari berbagai cabang olahraga itu. Para pelatih juga menjelaskan target perolehan medali kontingen PON Papua dalam PON XX Papua.

“PON akan dilaksanakan pada masa pandemi COVID-19. Kemungkinan banyak kantor media massa di luar Papua tidak akan mengirimkan wartawannya untuk meliput PON XX Papua, termasuk media massa di luar negeri. Jika itu terjadi, maka seluruh kantor media massa di luar Papua akan bergantung kepada hasil liputan wartawan lokal Papua, baik berupa berita, foto, ataupun video,” kata Keagop.

Ketum Sub PB PON Berharap Jurnalis Dapat Memberikan Informasi Akurat

Ketua Umum Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw menyatakan PON XX Papua bisa sukses dan berjalan dengan baik. Oleh karena itu ia berharap jurnalis bisa menyebarluaskan informasi yang begitu akurat untuk membantu kesuksesan PON XX nanti.

“Publik di luar akan mengetahui segala persiapan hingga pelaksanaan event nasional itu berkat pemberitaan yang disampaikan melalui media massa,” kata Awoitauw.

Awoitauw berharap para peserta pelatihan akan menghasilkan produk jurnalistik terbaik. Dan ia juga yakin para jurnalis lokal bisa bersaing dalam meliput PON XX Papua dengan jurnalis media nasional maupun internasional.

“Momen berharga itu hanya sekali terjadi di Papua. Semua masyarakat akan mengenangnya kembali melalui hasil rekaman foto dan berita yang akan dihasilkan tangan-tangan terampil yang saat ini mengikuti pelatihan,” ujarnya.