Sub PB PON Kota Jayapura Siap Sambut PON XX
beritapapua.id - Benhur Tomi Mano menekan sirine hitung mundur 100 hari menuju PON XX (foto : jubi)

Sub Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (Sub PB PON) Kota Jayapura kian menunjukkan kesiapan mereka menuju perhelatan PON XX Papua. Hal itu terlihat dari seremonial hitung mundur 100 hari Sub PB PON Kota Jayapura menuju PON XX. Pelaksanaan hitung mundur tersebut bertempat di Horison Hotel Kotaraja, Kota Jayapura, Papua, Kamis (24/06/21).

Ketua Sub PB PON Kota Jayapura yang juga Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menegaskan pihaknya sudah sangat siap untuk menjadi tuan rumah perhelatan PON XX di klaster Kota Jayapura.

Tomi Mano menjamin bahwa pelaksanaan PON XX di Papua khususnya di Kota Jayapura akan berlangsung aman dan damai.

“Mari kita gaungkan ke seluruh indonesia bahwa Papua aman dan damai, dan Papua siap untuk menyelenggarakan PON XX. Torang bisa dan siap untuk menggelar PON XX. Kami sudah memastikan kesiapan seluruh venue dengan melakukan pemantauan bersama para Technical Delegate dan Panwasrah KONI Pusat berapa waktu lalu,” kata Tomi Mano.

Kota Jayapura Mempertandingkan 16 Cabor di PON XX

Kota Jayapura sendiri nantinya akan mempertandingkan sebanyak 16 cabang olahraga dan 22 disiplin nomor pertandingan di 16 venue yang tersedia.

“Panitia Sub PB PON Kota Jayapura telah siap untuk menyelenggarakan PON. Ini adalah ajang prestasi. Kita akan libatkan seluruh pelaku UKM, tokoh agama, LMA dan semua ondoafi untuk bersama-sama dengan panitia dan masyarakat menjadi tuan rumah yang baik,” ujar Tomi Mano.

“Kita matangkan kesiapan kita supaya lebih baik karena kita adalah ibukota Provinsi Papua dan terdapat cabor terbanyak di PON XX. Dari 33 provinsi mereka akan tinggal di Jayapura,” tambahnya.

Baca Juga : PON XX Kian Dekat, Sub PB PON Kota Jayapura Gelar Gebyar Vaksinasi

Meski besaran anggaran operasional yang diterima oleh klaster Jayapura hanya Rp108 miliar atau tak sesuai dengan yang diajukan, namun Tomi Mano tetap menjamin kesuksesan PON XX di klaster Jayapura.

“Kota Jayapura baik masyarakatnya, tokoh agama dan masyarakat adat di 14 Kampung siap mensukseskan PON XX. Mari kita merendahkan diri untuk menerima berapapun dana yang dikasih untuk mensukseskan PON ini,” tekannya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Dance Yulian Flassy telah mengamanatkan agar di sisa seratusan hari menuju perhelatan PON XX agar persiapan di masing-masing klaster penyelenggaraan harus terus digenjot.

“Kita harus fokus di seratusan hari menuju PON. Kita juga meminta kepada kepala-kepala daerah di klaster penyelenggaraan untuk menggaungkan PON di daerahnya,” tandasnya.