Subda PON XX Merauke Menggelar Vaksinasi Selama Sebulan
beritapapua.id - Pelaksanaan vaksinasi di GOR Hiad Sai Kabupate Merauke yang dilaksanaka Subda PON Merauke, Rabu (25/8/2021). (foto: jubi)

Subda PON XX Papua Kabupaten Merauke bersama dengan perbankan, menggelar vaksinasi untuk masyarakat mulai Rabu (25/8/2021) kemarin. Menurut agenda, vaksinasi tersebut akan berlangsung selama sebulan ke depan.

Pelaksanaan vaksinasi untuk masyarakat ini tidak akan hanya berada di satu titik saja, namun akan ada beberapa titik tertentu.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, akan ada juga sembako berupa beras, minyak goreng, susu, dan telur, yang khusus nantinya untuk diberikan kepada orang asli Papua (OAP).

“Kenapa kami gencarkan vaksinasi, karena PON Papua sudah di depan mata. Sehingga bagaimana pun juga masyarakat harus sehat dan tak tertular Covid-19,” ujar Wakil Ketua Subda PON XX Kabupaten Merauke, Antonius Kaize, kepada sejumlah wartawan, saat pelaksanaan vaksinasi perdana di GOR Hiad Sai, Rabu (25/8/2021).

Dinas Kesehatan Merauke, menargetkan sekitar 120 ribu orang yang akan menerima vaksinasi tersebut. Saat ini cakupan vaksinasi di kabupaten di wilayah selatan Papua ini baru mencapai 98 ribu lebih.

Dan masih ada sekitar 22 ribu orang yang masih belum menerima vaksinasi. Untuk itu Dinas Kesehatan Merauke akan melakukan vaksinasi setiap harinya, agar bisa mengejar target vaksinasi yang ada wilayah tersebut.

OAP Masih Menolak Vaksinasi

Antonius Kaize menjelaskan bahwa, banyak orang asli Papua (OAP) yang masih menolak untuk divaksin karena berbagai alasan. Tetapi pihaknya akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mau mendatagi tempat-tempat yang menyelenggarakan vaksinasi.

“Ketika kita divaksin, maka akan menambah kekebalan tubuh. Dengan divaksin, selain melindungi diri sendiri, kita juga melindungi orang lain. Karena kalau sudah divaksin, meski kita masih bisa terpapar Covid-19, tapi hanya bergejala ringan dan mudah sembuh, dan tidak gampang menular ke orang lain,” ujarnya.

Baca Juga : Wali Kota Jayapura Ajak Warga Isolasi Mandiri di KM Tidar

Kaize meminta agar DPRD Merauke juga ikut membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat, agar masyarakat mau menjalani vaksinasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Benjamin Latumahina, mengatakan akan memberikan dukungan penuh terhadap Subda PON XX Kabupaten Merauke yang melaksanakan vaksinasi selama sebulan ke depan.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan ikut mensosialisasikan dan memberikan pemahaman manfaatnya menjalani vaksinasi.