Sukseskan Bangga Buatan Indonesia, Jokowi Alokasikan Anggaran Rp400T
beritapapua.id - Presiden Indonesia, Joko Widodo. (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tugas kepada beberapa menteri kabinet dan kepala lembaga serta para kepala daerah terkait pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa pemerintah.

Salah satu poin penting dari instruksi tersebut adalah alokasi paling sedikit 40% anggaran belanja barang/jasa untuk produk dalam negeri dan target belanja APBN/APBD Tahun 2022 paling sedikit Rp400 triliun produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi dari hasil produksi dalam negeri.

Salah satu yang diberikan tugas khusus oleh Presiden Jokowi adalah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Presiden Jokowi menugaskan Luhut untuk melakukan koordinasi, evaluasi, dan pengendalian Inpres 2/2022 tersebut.

Ada dua tugas Luhut dalam pelaksanaan Inpres Jokowi Nomor 2 Tahun 2022. Pertama, melakukan koordinasi penyempurnaan peraturan perundang-undangan dan ekosistem di bidang kemaritiman dan investasi dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Baca Juga: Johnny G. Plate: Maudy Ayunda Sebagai Jubir Presidensi G20 Indonesia

Kedua, Luhut diminta melakukan koordinasi, sinkronisasi, memonitor, evaluasi, dan pengendalian atas pelaksanaan instruksi Presiden Jokowi tersebut.

Selain Luhut, Presiden Jokowi juga memberikan tugas khusus untuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Presiden Jokowi meminta Airlangga untuk melakukan koordinasi penyempurnaan peraturan perundang-undangan dan ekosistem di bidang perekonomian untuk memastikan Inpres 2/2022 berjalan lancar dan sukses.