Suku Kamoro dan Kebudayaannya yang Mendunia
beritapapua.id - Suku Kamoro dan Kebudayaannya yang Mendunia - Kompasiana

Tanah Papua memang dikenal dengan keberagaman suku etnik dan budayanya yang kaya akan nilai estetika. Salah satunya adalah Suku Kamoro dari wilayah pesisir selatan Pulau Papua, mereka terkenal sebagai salah satu suku besar yang mempunyai tradisi dan kebudayaan unik yang sangat terkenal. Tak hanya di dalam negeri, bahkan sampai merambah di luar negeri.

Suku Kamoro hidup di tepian Laut Arafuru, bagian selatan Papua tengah. Letak perkampungan-perkampungan suku Kamoro berada di daerah pasang surut air. Mereka memenuhi kebutuhan pangannya secara mandiri dengan mengambil dari alam, tergolong sebagai semi-nomadic hunting, gathering, dan fishing. Sagu, ikan, serta berbagai bahan makanan lain seperti singkong melimpah di sana. Wilayah suku Kamoro ada di Kokonao, bagian dari Mimika Barat. Di dalam wilayah suku ini terdiri dari 40 kampung dengan 180.000 orang penduduk. Suku Kamoro dikenal memiliki berbagai kekayaan budaya seperti ritual alam, upacara adat, seni ukir, anyaman, tarian dan hasil kerajinan.

Baca Juga: Film Papua tentang Keindahan Alamnya

Pelukis dan Pemahat Ulung Suku Kamoro

Hal yang membuat Suku Kamoro ini dikenal dunia luas dari kebudayaan mereka sebagai Pemahat dan Pelukis ulung. Mereka dikenal sebagai suku yang memiliki kemampuan tinggi dalam hal seni ukir. Suku ini sangatlah memegang teguh tradisi serta menjaga kekayaan kebudayaan Kamoro yang sudah ada sejak zaman nenek moyangnya. Salah satunya adalah mengukir dengan memakai pahatan khusus. Dalam tradisinya, semakin bagus ukiran, maka semakin tinggi pula derajat pembuatnya.

 Suku Kamoro dan Kebudayaannya yang Mendunia
beritapapua.id – Salah satu ukiran – hendrawardhana

Orang-orang Kamoro yang piawai dalam mengukir, disebut maramowe. Mereka membuat ukiran, selain untuk perangkat upacara adat juga untuk dijual. Seni ukir karya maramowe adalah ikon kebudayan suku Kamoro. Jenis-jenis ukirannya yaitu perisai, patung orang, dayung, mangkuk sagu, gendang dan yang paling sakral adalah totem leluhur. Bahkan, mereka juga mengukir sampan-sampan yang memiliki makna tersendiri.

Karya seni ukir suku Kamoro, berasal dari Ukiran kayu yang dibuat sangat halus, indah, dan memiliki keunikan tersendiri. Motif atau corak pada seni ukir suku ini didasarkan pada sejarah maupun pengalaman masa lalu. Karena keahlian yang dimiliki dan hasil karya ukirannya yang memesona itu, kearifan lokal dari suku Kamoro menjadi banyak dikenal di dunia lewat kekayaan budaya suku yang tercermin dalam karya seni dan ukirannya. Karya ukir suku ini telah tersebar di beberapa negara, seperti Meksiko, Belanda, Brazil, dan negara-negara lainnya.