Swalayan Orchid di Manokwari Tutup Karena Covid 19
Toko Swalayan Orchid masih di tutup (kumparan.com)

Toko Swalayan Orchid di Manokwari, Papua Barat, sementara tutup usai 24 karyawannya terpapar COVID-19.

Sebanyak 24 karyawan Swalayan Orchid, terletak di Jalan Merdeka, Manokwari, Minggu maret 2021, positif terpapar Covid 19.

Kordinator Kesehatan Covid 19 Manokwari, Alfred Bandaso, membenarkan ada sebanyak 24 karyawan Orchid Swalayan terpapar covid 19. Namun untuk karyawan lainnya masih menunggu hasil tes swab hari ini, guna mengetahui apakah ada lagi yang terpapar covid atau tidak.

Alfred Bandaso, menyebutkan ke-24 karyawan yang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil swab test.

“24 karyawan positif ini rencananya akan jalani pemeriksaan swab test,” kata Alfred, Senin (8/3/2021).

Karyawan terpapar covid 19 setelah menemukan salah satu dari mereka positif terpapar covid 19. Pihak swalayan segera meminta agar seluruh karyawan melakukan tes swab. Dan hasil yang keluar adalah 24 karyawan positif covid 19, sedangkan karyawan yang melakukan swab di Pukesmas Wosi masih menunggu hasil swab.

“Kita akan bangun komunikasi dengan pihak manajemen Orchid apakah karyawan yang terpapar akan dikarantina atau menjalani Karantina Mandiri. Sementara jika ada karyawan yang bergejala berat akan dirawat di rumah sakit,”ungkapnya.

Akibat 24 karyawan swlayan Orchid terpapar covid 19, pihak management swalayan kemudian meliburkan seluruh karyawannya, serta sementara swalayan tersebut.

Penutupan Sementara Swalayan Orchid

Penutupan swalayan orchid selama tiga hari kedepan, sambil menunggu adanya penyemprotan disinfektan ke seluruh bagian ruangan di swalayan maupun ruangan staff kantor.

Baca Juga : Sanksi Terhadap Masyarakat Yang Tolak Vaksinasi

Ia melanjutkan, setelah mereka menjalani swab test selanjutnya akan melakukan penyemrotan disinfektan di seluruh ruangan swalayan tersebut. Agar aktivitas perbelanjaan Swalayan Orchid Manokwari dapat kembali aktif.

“Setelah penyemprotan disinfektan ini selesai setelah 2 atau 3 hari tokoh ini aktif kembali,” katanya.

Hasil sementara baru 24 orang yang positif, yang lain masih menunggu hasil swab.
Selanjutnya, Bandoso mengatakan pihaknya akan melakukan tracing kepada pihak keluarga karyawan, guna mengetahui apakah ada keluarga karyawan ini positif terpapar covid 19, ungkapnya.

“Nanti swab ke rumah-rumah mereka, yang dekat dengan mereka yang terpapar virus ini,”jelasnya.

Dalam pantauan media, untuk saat ini aktivitas perbelanjaan Swalayan Orchid Manokwari tetap berhenti sementara agar dapat memutus penyebaran covid 19.