Syuting Film Song Joong Ki di Tunda Karena Pandemi
beritapapua.id - Syuting Film Song Joong Ki di Tunda Karena Pandemi - WowKeren

Proyek film terbaru Song Joong Ki yakni ‘Bogota’ dipastikan mundur ke tahun depan. Kebijakan tersebut diambil oleh pihak produksi lantaran adanya pandemi COVID-19. Sebelum secara resmi memutuskan untuk menundanya ke tahun depan, film ‘Bogota’ telah menghentikan syuting pada Maret lalu.

Syuting film ini sudah sempat dilakukan sejak Januari 2020 di Kolombia. Hingga kini syuting film sudah mencapai perkembangan 40 persen. ‘Bogota’ merupakan film thriller kriminal yang menceritakan sekumpulan anak muda yang meninggalkan Korea dan pergi ke Kolombia pada tahun 1990-an. Selain Song Joong Ki, film ini juga dibintangi oleh Lee Hee Joon.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kemungkinan hanya ada sedikit adegan yang diambil di Korea Selatan. Pasalnya, hampir sebagian besar film ini mengambil latar cerita di Kolombia.

Selain ‘Bogota’, Song Joong Ki dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk membintangi film ‘Biopik’ sosok penyanyi sekaligus penulis lagu terkenal asal Korea Selatan, mendiang Yoo Jae Ha. Pertengahan tahun ini, film terbaru dari aktor kelahiran 1985 tersebut bersama Kim Tae Ri berjudul Space Sweepers juga dijadwalkan tayang di seluruh bioskop lokal.

Baca Juga: Ingin Kembali ke Jakarta, Pemudik Harus Punya Surat Izin

Nasib Industri Hiburan di Korea Selatan Selama Pandemi

Dengan terus bertambahnya jumlah korban terinfeksi, pemerintah Korea Selatan pun mengeluarkan kebijakan dengan mengimbau para warganya untuk tidak mendatangi keramaian. Begitu juga mengajak mereka untuk tidak takut memeriksakan diri ke dokter.

Korea Selatan menganggap serius pandemi tersebut. Mau tidak mau industri hiburan seakan berhenti sejenak dari kesibukan mereka untuk mengurangi penyebaran virus Corona. Industri hiburan Korea Selatan diperkirakan mengalami kerugian hingga 52,3 miliar won atau setara Rp675,9 miliar karena pembatalan pertunjukan dan pameran akibat penyebaran virus corona.

Berdasarkan laporan Federation of Artistic&Cultural Organization of Korea, total pembatalan konser, pertunjukan, dan pameran seni pada periode Januari hingga April mencapai 2.511 acara.

Virus corona juga membuat Korea harus menerima kenyataan jumlah penonton di bioskop terendah pada Februari dalam 15 tahun terakhir. Pada Februari 2020, sekitar 7,37 juta orang ke bioskop. Angka itu hanya sekitar 50 persen dibandingkan jumlah penonton di bioskop pada Februari 2019 yang mencapai 14,9 juta.

Virus corona juga membuat sejumlah bioskop termasuk CGV Cinema, jaringan bioskop terbesar di Korea, dan Lotte Cinema menutup sejumlah unit mereka untuk menekan penyebaran virus corona. Penayangan beberapa film lokal juga ditunda.

Kini, kondisi Korea Selatan dianggap berangsur membaik dari wabah virus corona sehingga bioskop-bioskop bersiap menayangkan film-film baru setelah hampir tiga pekan bertahan dengan suguhan lama.