Taher Pecatur PON Papua Melangkah ke Babak Final Kejuaraan Dunia
Taher Pecatur PON Papua Melangkah ke Babak Final Kejuaraan Dunia

Catatan impresif kembali dituai pecatur PON Papua, Yoseph Theolofius Taher IM (Internasional Master). Torehan ini ia ciptakan usai memastikan langkah ke babak final Kejuaraan Dunia Catur Online Blitz Antar Mahasiswa tahun 2021.

Taher yang merupakan salah satu andalan Papua di cabang olahraga catur Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Oktober tahun ini, menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kejuaraan tersebut. Dalam kejuaraan ini ada sekitar 960 peserta dan berasal dari 119 negara.

Yoseph Taher lolos ke babak final setelah melewati pertarungan sengit selama 10 babak, pekan lalu.

Hasil tersebut mengantarkannya masuk dalam daftar 8 pecatur yang lolos ke final, di antaranya GM Iniyan P (India), GM Mikhail Antipov (Rusia), GM Grigoriy Oparin ( Rusia), IM Irakli Beradze (Georgia), GM Xu Yinglun (China), GM Haik Martirosyan (Armenia), dan GM Gabuzyan Hovhannes (Armenia).

Pada babak final yang digelar Kamis (18/3/21), Yoseph Taher mengumpulkan 2 poin dari hasil satu kali menang dan dua remis. Dengan hasil tersebut, Taher menempati urutan ke-7.

“Lolos ke babak final dan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di kejuaraan itu. Tentu kita apresiasi dan sangat membanggakan. Harapannya, dalam kejuaraan-kejuaran selanjutnya grafik permainan terus meningkat,” ujar manajer tim catur Papua, Ariadi.

Tim Pecatur Pon Menjalani Pemusatan Latihan

Saat ini, tim catur PON Papua sedang menjalani pemusatan latihan di Ciawi, Jawa Barat. Dengan begitu, akan semakin banyak kesempatan bagi para pecaturnya untuk mengikuti turnamen baik domestik maupun mancanegara, secara online maupun langsung guna terus mengasah kemampuan sebelum terjun di PON XX.

“Kami memilih pemusatan latihan di Jawa Barat agar lebih mudah mengikuti berbagai turnamen, terutama turnamen bertaraf nasional maupun Internasional. Karena catur itu tidak cukup hanya latihan tapi juga harus praktek dengan ikut turnamen, sehingga teknik dan mental pemain semakin teruji,” ungkap Ariadi.

Baca Juga : Kantor Wali Kota Jayapura Menjadi Lokasi Vaksinasi Warga

Pelatih tim catur PON Papua, Ventje Ropa WN PN, juga merasa bangga dengan torehan Yoseph Taher. Ia berharapkan kemampuannya terus konsisten sampai terjun pada perhelatan PON.

“Target kami kan medali emas di PON, salah satunya dari Yoseph Taher. Jadi semoga grafiknya terus menanjak baik,” kata Ventje.

Ia juga berharap prestasi yang Taher torehkan itu menjadi pemacu atau motivasi bagi atlet catur lainnya untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam pemusatan latihan maupun turnamen.

“Atlet lain harus terpacu dan terus mengasah kemampuan terbaiknya selama pemusatan latihan di Ciawi. Apalagi kami akan selingi dengan mengikuti turnamen-turnamen resmi,” katanya.

Sementara, Asisten Pelatih Tim Catur Papua, Banjir Ambarita, mengatakan apa yang Yoseph Taher torehkan harus menjadi pemacu semangat maupun prestasi atlet catur lainnya.

“Ya, semoga semangat teman-teman atlet lain semakin terbakar untuk terus berlatih dengan disiplin,” tandasnya.