Taman Nasional Lorentz
Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara

Papua terkenal dengan berbagai macam keindahan wisata alamnya yang masih jarang dikunjungi oleh para turis. Taman Nasional Lorentz yang didirikan pada tahun 1997 dan ditetapkan oleh UNESCO sebagai Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara. Dengan kawasan yang mencapai 2,4 juta hektar, Taman Nasional ini memiliki beragam sumber daya alam dan ekosistem.

Secara administratif, kawasan wisata Lorentz meliputi lima wilayah yaitu Kabupaten Asmat dan Kabupaten Yahukimo di sebelah timur, Kabupaten Mimika di sebelah barat, serta Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Puncak Jaya di sebelah utara. Selain itu, Taman Nasional ini juga meliputi beberapa kabupaten pemekaran baru seperti Kabupaten Nduga, Kabupaten Lanni Jaya dan kabupaten puncak.

Budaya dan Ekosistem Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz memiliki berbagai ragam budaya dan ekosistem yang menjadikannya sebagai salah satu situs warisan dunia berdasarkan ketetapan PBB. Kawasan ini juga masih menyimpan keanekaragaman budaya yang masih jarang disentuh oleh wisatawan maupun orang luat. Hal ini dikarenakan beberapa suku masih tinggal dipedalaman hutan belantara dan jarang bertemu atau berkontak dengan dunia luar. Selain itu juga, ekosistem yang ada pada kawasan Taman Nasional ini dianggap sebagai ekosistem yang utuh, dikarenakan keanekaragamaan alam yang dimulai dari puncak salju sampai kawasan perairan laut tropis, termasuk kawasan lahan basah dataran rendah yang luas.

Baca juga: Festival Lembah Baliem Di Kaki Pegunungan Jayawijaya

Selain berbagai jenis Ekosistem, keanekaragaman flora dan fauna juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung Taman Nasional Lorentz. Tercatat keanekaragaman fauna yang mendiami kawasan ini mencapai 600 jenis burung dan lebih dari 100 mamalia serta sebanyak 30 tipe vegetasi flora yang diantaranya hutan rawa, hutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut dan lain lainnya. Kawasan wisata ini juga memiliki beberapa tempat untuk rekreasi piknik sambil menelusuri berbagai macam keindahan alamnya. Dimulai dari bermain didaerah pantai hingga menikmati panorama gunung es di puncak Cartensz. Untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Taman Nasional ini disarankan untuk menunggu bulan Agustus hingga Desember yang dianggap cocok untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini.