Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih Keindahan Menakjubkan

Salah satu tempat wisata alam yang dapat dikunjungi para wisatawan adalah Teluk Cenderawasih. Teluk Cenderawasih merupakan taman laut nasional terbesar di Indonesia. Dengan berbagai macam situs wisata alam yang masih jarang di kunjungi oleh wisatawan dan beragam budaya yang khas akan penduduk setempat. Julukan surga dunia yang terlupa amat cocok disandangkan kepada Papua.

Terkenal dengan panorama bawah laut yang amat indah dan dipenuhi dengan berbagai macam species ikan dan terumbu karang, Teluk Cenderawasih sempat dinobatkan menjadi lokasi menyelam terbaik di Indonesia.

Kawasan taman nasional ini berada diantara dua provinsi yang terbagi menjadi lima wilayah, yakni Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari yang terletak di propinsi Papua Barat. Dan sebagian dari wilayah taman nasional ini terletak di Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen, Kabupaten Waropen di Propinsi Papua.

Kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Taman Nasional Teluk Cenderawasih
Taman Nasional Teluk Cenderawasih Keindahan Menakjubkan Papua

Berada di antara dua teluk, kawasan wisata ini hanya bisa dicapai dengan menggunakan pesawat. Menuju ke arah Biak sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan maskapai lokal atau dengan kapal air yang menuju ke Manukwari atau Nabire.

Baca juga: Tradisi Bakar Batu, Budaya Unik Dari Papua

Setelah sampai di kawasan taman nasional ini, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Mulai dari pantai-pantai yang memiliki daya tarik berbeda, seperti Pulau Roon. Di Pulau ini, mereka juga dapat mengunjungi bangunan tua yang merupakan Gereja dengan design arsitektur kuno, cocok untuk mengabadikan foto dan memposting ke media sosial.

Sebagai daya tarik utama dari kawasan wisata ini, Taman Nasional ini sering dijadikan tempat untuk sarana rekreasi menyelam. Hal ini dikarenakan keindahan ekosistem bawah laut yang beragam. Dari susunan terumbu karang yang masih alami dan juga lebih dari 200 jenis ikan yang menempati surga laut tersebut. Salah satu spesies yang sering menjadi atraksi dan bahan pembicaraan wisatawan adalah Ikan Hiu Paus jinak yang sering berenang bersama para turis apabila mereka beruntung.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih masih memiliki beragam daya tarik dan tempat yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan, mulai dari pulau-pulau indah hingga air terjun yang terletak di Pulau Mioswar. Datanglah dan nikmati keindahan alam disalah satu surga dunia yang terlupa ini.