Taman Nasional Terbesar di Indonesia Ada di Papua
Beritapapua.id - Taman Nasional Terbesar di Indonesia Ada di Papua - Kompas

Taman Nasional Terbesar di Indonesia Ada di Papua – Membentang luas sekitar 2,7 hektar, Taman Nasional Lorentz menjadi yang terbesar di Indonesia. Bahkan, menjadi yang terluas di Asia Tenggara. Luas Taman Nasional Lorentz setara dengan 25.056 persegi yang mana termasuk dalam 10 kabupaten Papua.

TN Lorentz bersinggungan dengan kabupaten besar Papua seperti Kabupaten Mimika, Kabupaten Paniai, Kabupaten Intan Jaya, dan Kabupaten Puncak.

Menjadi yang terluas SeAsia Tenggara, TN Lorentz memiliki keunggulan yang tiada dua. Mulai dari alamnya yang asri dan lengkap, budaya masyarakatnya yang arif, hingga keragaman hayati. Bayangkan, mulai dari pantai hingga puncak gunung masuk dalam Taman Nasional terbesar ini.

Bagian pesisir TN Lorentz berbatasan dengan Laut Arafura. Laut dengan keindahan matahari terbenam yang memukau dan terumbu karang yang masih sehat. Sedangkan Puncak Jaya menjadi raja di dataran tinggi TN Lorentz, rumah bagi salju abadi di Indonesia. Puncak Cartenz Memiliki ketinggian 4.760 – 4.884 mdpl.

Selain pantai dan gunung, TN Lorentz memiliki eksotisme lainnya. Sebutlah Goa Kontilola, Air Terjun Napua hingga telaga biru Maima.

Baca Juga: Penerbangan Israel – Uni Emirat Arab (UEA)

Rumah Bagi Beo Pesquet yang Legendaris

Taman Nasional Terbesar di Indonesia Ada di Papua
Beritapapua.id – Rumah Bagi Beo Pesquet yang Legendaris – Tirto

Beo Pesquet adalah hewan eksotis legendaris yang terkenal dari Tanah Papua. Bahkan, dunia mengakuinya. Google pernah menjadikan hewan eksotis ini sebagai desain doodle-nya pada tanggal 4 Desember 2019. Lantas, siapakah Beo Pesquet ini?

Beo Pesquet adalah hewan endemik dataran tinggi Papua. Biasanya, ia hidup pada hutan hujan dan bukit-bukit dengan ketinggian sekitar ketinggian 100-hingga 1,8 ribu mdpl. Tahun 2019, lalu diperkirakan terdapat 20 hingga 49 spesies burung Beo Pesquet yang masih hidup.

Ia memiliki keindahan tersendiri. Burung dengan nama latin Psittrichas fulgidus memiliki warna hitam polos atau abu-abu polos pada wajahnya. Terdapat goresan warna merah pada belakang matanya menambah keelokan hewan eksotis ini. Warna hitam loreng putih mewarnai dada hewan ini. Untuk jantan, ia memiliki warna merah pada punggungnya.

Berbeda dengan Pesquet betina. Ia tidak memiliki goresan merah pada belakang matanya. Bola mata Pesquet betina cenderung berwarna abu-abu atau coklat.

Warga Indonesia kerap menyebut hewan ini dengan nama Nuri Kabare atau Nuri Elang atau Nuri Nazar.