Tanaman Zodia, Tumbuhan Pengusir Nyamuk dari Papua
beritapapua.id - Tanaman Zodia, Tumbuhan Pengusir Nyamuk dari Papua - Ilmu Budidaya

Zodia (Evodia suaveolens) merupakan salah satu tanaman endemik asal Papua yang dikenal sebagai tanaman yang mampu untuk mengusir nyamuk. Tanaman Zodia berasal dari daerah timur yaitu Papua atau lebih tepatnya daerah pedalaman Memberamo. Masyarakat asli Papua memanfaatkan daun zodia yang dipercaya mampu mengusir nyamuk selama enam jam. Dengan cara mengusapkan daun tanaman ini ke seluruh bagian tubuh mereka, maka daun-daunnya akan mengeluarkan mirip dengan aroma jeruk yang tidak disukai nyamuk. Bagian tubuh yang terkena gigitan nyamuk juga akan cepat sembuh apabila digosok dengan daun zodia. Selain itu daun tanaman ini juga mengandung senyawa linalool yang dikenal sebagai pengusir nyamuk.

Zodia merupakan tanaman perdu dari suku jeruk-jerukan (Rutaceae) ini mempunyai rata-rata tinggi 75 cm dapat mencapai ukuran 2 meter bila tumbuh di daerah bebas. Dengan bentuk daun tanaman berkisar antara 2-30 cm dengan warna kuning kehijau-hijauan. Tanaman ini mampu hidup pada ketinggian antara 400-2.000 mdpl.

Tanaman zodia ini dapat di kembangbiakkan melalui stek batang dan bijinya. Tanaman zodia memiliki bunga yang nantinya akan menjadi biji-biji kecil berwarna putih yang apabila biji tersebut jatuh ke tanah nantinya biji-biji itu akan tumbuh dengan sendirinya. Saat ini tanaman zodia sudah mulai dibudidayakan di berbagai tempat.

Baca Juga: Manga One Piece Resmi Berusia 23 Tahun

Manfaat Lain Tanaman Zodia

Tanaman zodia dijukuki sebagai tanaman dengan banyak manfaat bagi kehidupan. Tanaman dari keluarga Rutaceae ini mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine yang efektif mengusir nyamuk. Selain dapat mengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat menyembuhkan sakit kepala, disentri, dan dapat dijadikan obat gosok. Sedangkan di daerah sentani, tanaman ini digunakan sebagai penghilang bau badan. Kadang-kadang digunakan sebagai tonik atau penambah stamina tubuh. Daun dan bunga zodia juga kerap dijadikan kalung sewaktu upacara adat. Dimana daun dan bunganya akan dirangkai dengan tali, lalu dikalungkan di leher. Sementara kulit batang yang direbus digunakan sebagai pereda demam malaria.

Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Zodia mengandung evodiamine dan rutaecarpine yang bermanfaat sebagai anti-kanker. Serta mencegah perkembangan sel tumor.

Tanaman Zodia selain sebagai pengusir nyamuk karena baunya, juga dapat memperindah ruangan. Karenanya banyak orang yang menanam tanaman ini dipekarangan ataupun meletakkannya pada pot di dalam ruangan guna mengusir nyamuk. Tanaman ini sering dijajahkan oleh para penjual tanaman hias sebagai pohon nyamuk.