Telkomsel Akan Bangun 15 Titik Jaringan 4G di Merauke
beritapapua.id - ilustrasi menara Telkomsel. (foto : istimewa)

Telkomsel berencana akan membangun 15 titik jaringan 4G di Merauke dengan bantuan dari Kementrian Kominfo RI.

Kepala Bidang Pengelola Infrastruktur Telekomunikasi dan Informatika Dinas Kominfo Kabupaten Merauke, Thomas Kimko mengungkapkan, pembangunan jaringan tekomsel 4G yang merupakan bantuan dari Kementerian Kominfo RI segera direalisasikan.

Ia menjelaskan bahwa kapal pengangkut peralatan untuk pemasangan jaringan 4G tersebut kini sudah tiba di Merauke. Dan untuk sementara pemasangan jaringan 4G itu akan mulai di 15 titik.

“Kami menunggu hari ini atau besok, kapal sudah tiba di Merauke mengangkut peralatan untuk pemasangan jaringan Telkomsel 4G di 15 titik terlebih dahulu, dari target 75 titik sesuai jatah Kementerian Kominfo RI,” ungkap Kimko melalui telepon selulernya, Senin (9/8/2021).

Ia juga mengatakan bahwa pembanguna tower Telkomsel itu akan befokus ke kampung-kampung lokal.

Lokasi Titik Pemasangan Jaringan 4G Telkomsel

Untuk pembangunan pada titik pertama akan berada di Kampung Kaniskobat dan Ihalik. Setelah itu akan menyusul di Kampung Kindiki, Slou, Kwel, Enggol Permai di Distrik Muting.
Sedangkan pembangunan untuk wilayah yang berada di Distrik Okaba adalah di Kampung Alaku, Makaling serta Kampung Dufmiraf. Dan nanti akan berlanjut ke Kampung Kaliki, yang terletak di Distrik Kurik.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa akan ada pembangunan di Pulau Habe, Kampung Wambi, Pulau Moi, Dusun Yakyu, Distrik Sota dan di Maam, Distrik Ngguti. Pembanguna di tiap-tiap tempat tersebut sudah sesuai dengan arahan dan petunjuk Bupati Merauke, Romanus Mbaraka.

Baca Juga : Jelang PON XX Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Dermaga Yahim

Thomas Kimko juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan survey sebelum adanya pemasangan jaringan Telkomsel.

“Kami sudah melakukan survei untuk semua tempat yang akan dilakukan pemasangan jaringan Telkomsel,” katanya.

Sesuai petunjuk Kementerian Kominfo, tahap pertama pemasangan akan mulai di 15 titik. Dan untuk tahap kedua akan menyusul pemasangan di 60 titik lainnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Moses Kaibu memberikan apresiasi kepada Kementerian Kominfo yang akan memasang jaringan di berbagai tempat atau titik.

“Saya dukung lokasi atau titik pemasangan jaringan Telkomsel di kampug-kampung orang asli Marind-Papua,” katanya.