Teluk Bintuni Memiliki Potensi Varian Kopi Yang Unik
Beritapapua.id - Teluk Bintuni Memiliki Potensi Varian Kopi Yang Unik - Tribun

Teluk Bintuni Memiliki Potensi Varian Kopi Yang Unik – Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, memiliki potensi kebun kopi. Beberapa distrik yang ada di Teluk Bintuni cocok untuk dikonsentrasikan menjadi sentra dari produksi kopi khas Teluk Bintuni. Serta memiliki potensi untuk berkembang menjadi perkebunan kopi serta memunculkan industri-industri baru bagi Teluk Bintuni nantinya.

Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengatakan pihaknya sempat berdiskusi semi-riset dengan beberapa pihak dari beberapa fakultas pertanian untuk melihat kopi yang ada di Teluk Bintuni. Sebab potensi industri kopi ini bisa menjadi geliat ekonomi baru yang diselaraskan dengan perubahan demografi nantinya. Setelah industri Petrokimia dan lainnya mulai berdiri.

“Ternyata Teluk Bintuni ini bisa punya potensi untuk memiliki varian kopi yang unik. Tapi nanti hal ini akan diriset lebih lanjut. Ke depan ini ‘kan akan ada industri petrokimia dan lainnya di Teluk Bintuni. Nah potensi industri ini saya lihat ke depan akan membuat Teluk Bintuni semakin ramai. Dari ramainya Teluk Bintuni ini, tentunya harus dibarengi dengan munculnya sebuah potensi baru. Saya melihat industri kopi di Teluk Bintuni sebagai salah satu potensi yang harus dimunculkan,” Jelas Petrus.

Baca Juga: Adat Manusia Kerangka: Suku Chimbu, Papua Nugini  

Petrus Kasihiw Mendorong Anak Muda Teluk Bintuni Untuk Berinovasi

Teluk Bintuni Memiliki Potensi Varian Kopi Yang Unik
Beritapapua.id – Petrus Kasihiw Mendorong Anak Muda Teluk Bintuni Untuk Berinovasi – Tribun

Bupati Teluk Bintuni ini juga menyatakan, potensi ini bisa menjadi efek untuk mewujudkan Teluk Bintuni yang maju, produktif, mandiri dan berdaya saing. Selain itu, Petrus juga mengajak masyarakat, terutama anak-anak muda Teluk Bintuni untuk jangan takut mencoba hal baru.

“Pemuda-pemudi Teluk Bintuni jangan takut mencoba hal baru, misalnya jadi barista, atau ahli kopi yang akan menjadi semacam guide untuk wisatawan yang ingin melihat perkebunan kopi kita nantinya di depan. Kita jangan cuma berharap jadi karyawan industri, tapi munculnya profesi-profesi baru seperti peracik ini keren lho. Ya kita doakan pandemi ini supaya segera berakhir, agar potensi kopi ini bisa kita garap secepatnya,” Jelas Petrus.

Oleh karenanya, masyarakat juga diminta konsisten dan patuh pada protokol kesehatan agar Pandemi Covid-19 ini segera berlalu. Supaya saat Pandemi ini selesai, pemerintah bersama masyarakat bisa segera menggarap perkebunan kopi tersebut dan melihat hasilnya.