Tenaga Medis Terpapar Corona, RSU Manokwari Tutup
Beritapapua.id - Tenaga Medis Terpapar Corona, RSU Manokwari Tutup - Arfaknews

Tenaga Medis Terpapar Corona, RSU Manokwari Tutup – Manajemen Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Umum (BLUD-RSU) Manokwari, Papua Barat, resmi menutup pelayanan rumah sakit. Berdasarkan surat pemberitahuan yang disahkan oleh Direktur RSU Manokwari, Yodi Kairupan, penutupan layanan disebabkan oleh banyaknya tenaga medis yang terpapar corona.

Surat pemberitahuan tersebut keluar pada Kamis (02/10/2020). Penutupan layanan diberlakukan selama 5 hari sejak surat pemberitahuan keluar. Keputusan tersebut diambil demi memotong rantai penyebaran covid-19 yang ada pada wilayah tersebut.

Yodi Kairupan merincin tindakan yang dilakukan demi menangani penyebaran virus corona di rumah sakit. Di antaranya melakukan disinfeksi pada unit poli anak, ruang bedah, IGD, dan melakukan pelacakan tenaga medis yang terpapar.

“Iya. Karena unit poli anak, bedah, IGD, ditutup untuk disinfeksi ruangan dan tracing serta ada tenaga kesehatan yang diisolasi,” tutur dr Yogi dikutip dari Antara.

Per 1 Oktober, jumlah kasus Covid-19 secara akumulatif adalah 386 orang. Sebanyak 170 orang sembuh, 102 masih dirawat, 112 diisolasi dan 2 orang meninggal dunia. Laporan tersebut disampaikan oleh Satgas Covid-19 Manokwari.

Saat ini, terdapat 9 klaster penyebaran Covid-19 di Manokwari. Pertama, klaster perbankan sebanyak 32 kasus, klaster keluarga 128 kasus, perkantoran 109 kasus, nakes rumah sakit 37 kasus, puskesmas 44 kasus. Untuk kasus di bawah angka 10 terdapat di pertokoan yakni 7 kasus, klinik 1 orang, dan Gowa 4 orang.

Untuk jumlah pasien sembuh, terdapat penambahan angka pada tanggal 1 Oktober 2020 sebanyak delapan orang.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Memaafkan Pelaku Penghinaan

Kondisi Covid-19 Provinsi Papua Barat

Mengutip dari situs Dinas Kesehatan Papua Barat terdapat 2166 kasus positif Covid-19. Angka tersebut merupakan 18,6 persen dari jumlah warga yang telah diperiksa, yakni 11.661 orang.

Angka warga yang sudah sembuh pada Provinsi Papua Barat mencapai 1164 orang. Dengan demikian, angka tersebut menandakan tingkat kesembuhan Papua Barat mencapai 53,7 persen. Untuk angka kematian karena Covid-19, terkofiamsi sebanyak 35 orang atau 1,6 persen dari jumlah kasus positif.

Saat ini, jumlah suspek corona Papua Barat sebanyak 2.137 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 235 orang diisolasi dan 1.902 merupakan suspek discarded atau pasien sembuh.