Test Corona Super Cepat, Hanya 1 Detik
beritapapua.id - Test Corona Super Cepat, Hanya 1 Detik - Yossi Aloni/FLASH90

Test Corona Super Cepat, Hanya 1 Detik – Israel diketahui sedang mengembangkan alat test deteksi covid-19 dengan menggunakan air liur dan hasilnya diklaim keluar dalam waktu 1 detik.

Dilansir dari reuters, alat test tersebut dikembangkan di salah satu pusat medis terbesar di Israel. Tahapan awal pasien berkumur dengan larutan garam dan membuangnya kedalam botol kecil. Kemudian air liur tersebut akan diperiksa menggunakan perangkat spectral kecil yang bekerja dengan cara menyinarinya dan menganalisis reaksinya.

Eli Schwartz, dari Pusat Pengobatan Geografis dan Penyakit Tropis di Sheba Medical Center mengatakan alat tersebut lebih mudah penggunaannya dibandingkan dengan Polymerase Chain Reaction (PCR). Disebutkan juga alat ini jauh lebih murah dari segi biaya.

“Sejauh ini kami mendapatkan hasil yang sangat menjanjikan dalam metode baru ini yang akan jauh lebih nyaman dan lebih murah,” ujar Schwartz, seperti yang dikutip dari detik.

Alat ini diklaim memiliki tingkat keberhasil 95% karena berbasis pada kecerdasan buatan. Saat ini, alat tersebut sedang dalam proses untuk mendapatkan persetujuan. Besaran biaya untuk test ini sekitar Rp3.710 dengan biaya alatnya sendiri sebesar Rp2.986.000.

Amos Panet, seorang pakar dalam virologi molekuler di Universitas Jerusalem’s Hebrew mengatakan bahwa alat test ini perlu divalidasi lebih jauh. Amos mengatakan perlu ada analisis data dan perbandingan lebih banyak lagi, sebelum memutuskan kelayakan alat ini.

Salah satu kritiknya adalah mengenai jumlah virus yang terdapat di air liur. Karena virus bisa ditemukan dalam jumlah banyak ketika pasien sedang dalam kondisi yang semakin sakit. Sedangkan di fase awal, virus kemungkinan belum bisa terdeteksi di air liur.

Baca Juga: Tuntutan KAMI kepada Pemerintah Indonesia

Test Pendeteksi Corona Jarak Jauh

Garda Revolusi Republik Iran (GRI) sebelumnya telah memperkenalkan sebuah perangkat yang mampu mendeteksi pengidap covid-19 dari kejauhan. Perangkat ini menggunakan teknologi laser dan mampu melacak covid-19 dalam radius 100 meter dalam waktu 5 detik.

Komandan GRI, Hossein Salami mengatakan bahwa dengan perangkat ini, maka test darah untuk mendeteksi covid-19 sudah tidak diperlukan lagi.