Tewas Tertembak KKB, Serda Rizal Tak Pernah Lupa Puasa Senin Kamis
beritapapua.id - Pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin di Taman Makam Pahlawan Cikutra, Kota Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (29/1/2022). (Dok. Keluarga)

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan insiden penembakan KKB yang terjadi murni penyerangan karena tak ada upaya memprovokasi.

Adapun tiga prajurit TNI lainnya juga turut tewas dalam serangan tersebut salah satunya  prajurit TNI yang tewas setelah tertembak anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pimpinan Lekagak Telenggen pada Kamis (27/1/2022) pagi, Berikut adalah Serda Rizal.

Rizal adalah anak salih yang tak pernah meninggalkan puasa sunah. Menurutnya, sang buah hati selalu berpuasa Senin Kamis dimanapun dan bagaimanapun keadaannya.

Meski demikian, ayah Rizal, Aca Suhendar (52), mengaku ikhlas melepas kepergian sang putra.

“Saya sudah ikhlas, habis gimana. Meskipun saya nangis terus-terusan, itu sudah takdir, tak bisa dikembalikan lagi,” ujar Aca, Kamis (27/1/2022), saat ditemui di rumah duka, Kampung Bojong Suren, Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Sementara itu, teman masa kecil Rizal, Ridwan (23), menilai almarhum adalah sosok yang baik. Ridwan mengatakan Rizal selalu siap membantu orang yang kesulitan.

Meski Rizal sudah menjadi prajurit TNI dan ditugaskan di luar Jawa, Ridwan mengungkapkan almarhum tak pernah lupa pada dirinya. “Dia suka membantu orang yang kesulitan, dan membantunya itu benar-benar sangat membantu,” ujar Ridwan saat melayat ke rumah duka, Jumat (28/1/2022).

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengaku sudah mengantongi nama-nama pelaku penembakan Serda Rizal dan kawan-kawan. Ia pun memastikan para pelaku penembakan itu akan dikejar sampai dapat.

Diketahui, KKB menembaki anggota TNI yang berupaya mengevakuasi korban serangan, Kamis (27/1/2022). Serangan ini merupakan serangan kedua, setelah beberapa saat sebelumnya, kelompok tersebut juga menembaki lokasi tersebut pada pagi hari.