Tiga Kurir Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Tewas Di TKP
beritapapua.id - Tiga Kurir Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Tewas Di TKP

Tiga Kurir Pelaku Penyalahgunaan Narkoba Tewas Di TKP – Narkoba adalah permasalahan disetiap negara yang ada dibelahan dunia, penggunanya pun bercamam-macam kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, pelajar, dokter, politikus, serta tokoh-tokoh terkenal pun banyak yang terjerat dan tenggelam dalam penggunaan Narkoba.

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya, yang jika dimasukkkan dalam tubuh manusia baik secara diminum, dihirup, maupun disuntikan, dapat mengubah pikiran, suasana hati, atau perasaan dan perilaku seseorang. Yang mana Narkoba dapat menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis.

Pada tahun 2019 Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. Irjen Pol Arman Depari menyatakan bahwa perkembangan kasus narkoba di Indonesia dalam kondisi yang mengkhawatirkan yaitu kurang lebih 4 (empat) sampai 4,5 (empat setengah) juta pengguna narkoba dikutip dari Kompas.com

Baru-baru ini Tim Gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggagalkan kasus peredaran narkoba jenis sabu yang akan di distribusikan di Jakarta. Awalnya kepolisian narkoba Polda Metro Jaya mendapatkan informasi sebuah mobil box yang akan mengangkut sabu didistribusikan diwilayah Jakarta.

Setelah dikonfirmasi polisi berusaha menghentikan paksa mobil box tersebut namun merasa dikejar polisi, mobil tersebut menambah kecepatan laju kendaraan. Ketika hendak ditangkap, bunyi tembakan datang dari arah mobil box tersebut. Dengan adanya bunyi tembakan tersebut polisi terpaksa menembak kearah mobil box yang sempat melarikan diri.

Akibat dari baku tembak 3 (tiga) kurir berinisial GUN, AM, IA dinyatakan tewas. 2 (dua) diantaranya 3 kurir tersebut berasal dari Jawa Barat. Usai kejadian baku tembak antara pelaku dan polisi, polisi menyita satu senjata api rakitan yang digunakan untuk melawan, serta 288 kilogram (kg) sabu yang nilainya diperkirakan mencapai 864 miliar.

Baca Juga: Ancaman Penjara Untuk Pimpinan Pondok Pesantren Pelaku Pencabulan

Ancaman Pidana Bagi Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (UU Narkotika) Narkotika dibagi menjadi 3 (Tiga) Golongan, yang diatur pada Pasal 6 Ayat 1 yaitu:

“(1) Narkotika sebagaimana dimaksud pada Pasal 5 digolongkan ke dalam:

  1. Narkotika Golongan I
  2. Narkotika Golongan II
  3. Narkotika Golongan III”

Untuk Sabu-sabu termasuk kedalam Golongan I, dalam UU tersebut tepatnya bagian penjelasan Golongan I adalah Narkotika yang hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan ilmu pengetahuan dan tidak digunakan dalam terapi, serta mempunyai potensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan.

Adapun pasal yang sekirannya akan diberlakukan bagi mereka yang menyalahgunakan narkoba golongan I diantaranya adalah Pasal 111, Pasal 112, Pasal 113, Pasal 114 jo Pasal 134 yang mana ancaman pidananya adalah pidana mati.