Tim Atletik Targetkan Raih 8 Medali Emas di PON XX
beritapapua.id - Atlet Atletik Papua sedang berlatih. (foto: jubi)

Tim Atletik PON Papua menargetkan untuk meraih 8 medali emas dari cabang atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pada perhelatan PON XX Papua, tim Papua yang akan berlomba dalam delapan nomor lomba, yaitu lempar lembing putra, tolak peluru putra, dasa lomba putra, lempar cakram putra, lari 100 meter putra dan putri, lari 400 meter putra, dan dan lari estafet 800 meter putri.

Pelatih Tim Atletik PON Papua, Alfred Frans Andarek mengatakan tim atletik DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Barat, dan Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menjadi lawan terberat bagi para atlet Papua.

Menurutnya atlet-atlet dari tim tersebut memiliki kemampuan di atas rata-rata, dan itu merupakan tantangan tersendiri bagi atlet Papua.

“Atlet yang kami siapkan menuju PON XX, yang akan terlaksana di Tanah Papua pada 2 – 15 Oktober mendatang 47 orang. Jumlah pelatih sebanyak 25 orang,” kata Andarek saat ditemui di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Jumat (27/8/2021).

Ia menjelaskan, target kali ini bisa mendapat 8 medali emas dari nomor lomba lempar lembing, tolak peluru, dasa lomba, dan lempar cakram.

Baca Juga: Wabup Jayawijaya Lakukan Inspeksi Terhadap Kepala Kampung

“Yang menjadi andalan kami lempar lembing putra, tolak peluru putra, dasa lomba putra dan lempar cakram putra. Tapi, tidak menutup kemungkinan dari nomor lain seperti lari 100 meter putra dan putri, lari 400 meter putra dan putri, serta lari estafet 800 meter,” ucapnya.

Andarek juga mengatakan tim Papua saat ini sangat optimis, karena ia percaya para atlet Papua akan tampil kompetitif.

“Pada PON XX, kami bermain di rumah sendiri. Tuan rumah siap menerima tamu yang datang,” ujar Andarek.

47 Atlet Lakukan Pemusatan Latihan di Stadion Mini Mahacandra

Menurutnya, 47 atlet pemusatan latihan para atlet atletik Papua berlangsung di Stadion Mini Mahacandra, Universitas Cenderawasih. Sedangkan Tim Atletik Papua akan terbang ke Mimika, karena cabang olahraga atletik PON akan berlangsung di Mimika.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring mengatakan faktor tuan rumah akan sangat berpengaruh bagi atlet Papua.

Akan tetapi, para atlet Papua tidak boleh meremehkan kekuatan lawannya, karena semua kontingen PON ingin meraih prestasi terbaiknya.