Tim Boccia Papua Optimis Raih Medali Emas di Peparnas XVI
beritapapua.id - Para Atlet Boccia Papua yang diterjunkan dalam event Peparnas XVI. (foto: istimewa)

Tim cabang olahraga boccia Papua siap dan optimis untuk mempersembahkan emas pada gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI.

Cabang olahraga boccia tersebut akan mulai bertanding di Peparnas XVI pada 8-13 November 2021 di aufirepua menyebutkan bahwa timnya bisa memberikan emas untuk Papua di ajang Peparnas kali ini. Karena menurutnya dengan Papua menjadi tuan rumah Peparnas bisa menambah rasa optimis bagi para atletnya yang bertanding di Peparnas.

“Yang pasti boccia ini cabor baru, apalagi baru pertama kali di pertandingan di Peparnas, dan kita sebagai tuan rumah yang pasti kita akan memberikan emas untuk Papua. Saya gak bisa menyebutkan berapa yang pasti kita akan siap memberikan emas,” kata Adrian, pada Sabtu (6/11/2021).

Adrian menjelaskan agar bisa mengejar target medali emas tersebut, tim boccia Papua telah melakukan TC sejak April 2021 di Solo, Jawa Tengah. Terpilihnya Solo sebagai lokasi TC karena memiliki prasarana yang lebih lengkap.

“Kenapa di Solo karena lapangan boccia ini khusus, tidak sembarang kota ada, dan salah satu ada di Solo karena di Solo ini juga ada tempat pelatnas boccia. Sarana prasarana di sana lebih lengkap,” ujarnya.

8 Nomor Pertandingan

Cabang olahraga boccia do Peparnas XVI akan mulai bertanding pada 8-13 November 2021 di auditorium Universitas Cenderawasih Jayapura. Ada 8 nomor pertandingan, yakni Individual BC1, Individual BC2, Individual BC3, Individual BC4, Individual BC5, Pairs BC1, Pairs BC2, dan Pairs BC5.

“Hasil technical meeting yang berjalan hari Sabtu kita akan mengikuti 8 nomor pertandingan,” kata pria asli Solo tersebut.

Baca Juga: PTM Berlaku Untuk Sekolah Dengan Jumlah Siswa Banyak

Boccia merupakan olahraga ketepatan yang diikuti atlet penyandang distabilitas celebral palsy atau gangguan saraf motorik. Sebanyak 47 atlet dari 14 provinsi ikut serta dalam cabang olahraga boccia di Peparnas XVI. Papua akan menurunkan 10 atlet boccia.

“Kita optimis memberikan yang terbaik dan atlet sudah 100 persen siap bertanding,” ujarnya.

Salah satu atlet boccia Papua, Rexus Ohee, mengatakan siap menyumbang emas bagi Bumi Cenderawasih. Ohee akan bertanding di nomor Individual BC3 melawan Individual BC3 sesama atlet Papua, Suci Liana Dewi.

“Siap menyumbang emas untuk Papua,” kata pria asal Sentani tersebut.