Tim PON Juarai Waena Cup!! Awal Baik Untuk Tim PON Papua
Pertandingan Final Turnamen Waena Cup (foto : jubi)

Tim sepak bola Papua PON XX akhirnya menjuarai turnamen Waena Cup usai mengalahkan tim Ifan Sport lewat babak adu penalti dengan skor 4-3. Pertandingan babak final ini berlangsung di lapangan Obhokouw Emsyk Waena, Kota Jayapura, Rabu (24/3/21). Ini adalah awal baik bagi Tim sepak bola Papua PON XX untuk menempuh PON XX nanti.

Kedua tim harus menuntaskan laga dengan adu penalti usai bermain imbang tanpa gol dalam waktu normal dua babak.

Meski sukses meraih gelar juara, pelatih tim sepakbola PON Papua, Eduard Ivakdalam mengatakan jika anak asuhnya bermain tidak dalam kondisi maksimal.

Edu menilai, timnya sudah berupaya tampil habis-habisan hingga di laga final tadi, namun lini serang timnya tidak berhasil membuahkan goal.

“Kita sudah coba tampil habis-habisan hingga laga final ini. Kedua tim juga bermain hati-hati. Dan kita tidak bermain maksimal, terutama organisasi permainan di lini tengah, sehingga beberapa kali membahayakan lini pertahanan kita,” ujar Edu, selepas laga.

Namun Edu sangat cukup puas dengan performa yang timnya mainkan karena sudah bisa lolos ke babak final dan menjadi juara.

Perlu Membenahi Kekurangan Tim Menjelang PON XX Papua

Edu juga menuturkan, masih ada sejumlah kekurangan yang perlu dibenahi dan harus segera dievaluasi ke depannya menjelang perhelatan PON XX.

Baca Juga : Pengadilan Negeri Wamena Resmi Meluncurkan Aplikasi LAPAGO

“Terlepas dari itu saya cukup puas melihat penampilan anak-anak. Mereka sudah bisa menjalankan instruksi dengan baik, tapi kita juga harus membenahi dan mengevaluasi sejumlah kekurangan yang masih terlihat,” bebernya.

Edu juga mengakui, timnya banyak mendapatkan pelajaran berharga dari para seniornya seperti Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Tinus Pae dan sejumlah pemain Persipura yang memperkuat tim Ifan Sport di turnamen Waena Cup.

“Kita banyak sekali mendapatkan pelajaran berharga di turnamen ini. Itu juga menjadi cambuk bagi tim kita,” pungkas Edu.

Mantan rekan Edu di Persipura, Chrisleo Yarangga berpendapat bahwa secara keseluruhan skuad yang tim sepakbola PON Papua miliki saat ini sudah cukup baik.

“Kalau dilihat dari komposisi skuad mereka saat ini sudah cukup baiklah, dan itu adalah wewenang pelatih,” kata Chris Yarangga.

Tim sepakbola PON Papua sepanjang keikutsertaan turnamen Waena Cup ini tak tersentuh kekalahan, mulai dari fase grup hingga babak final.

Kemenangan tim sepak bola PON Papua atas tim Ifan Sport atau Boaz Solossa dan kolega ini menjadi kemenangan kedua. Karena sebelumnya mereka juga menang dengan skor dua goal tanpa balas pada laga eksibisi peresmian Stadion Barnabas Youwe (SBY), Sentani.