Tim Sepak Bola Papua Berhasil Kawinkan Medali Emas di PON XX
beritapapua.id - Atlet Sepak Bola Putra Papua meraih medali emasi di Cabor Sepak Bola (14/10/2021). (foto: PB PON XX Papua/Martona)

Tim sepak bola putra PON XX Papua berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan Provinsi Aceh dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (14/10/2021).

Kemenangan ini memenuhi target kontingen tuan rumah untuk ‘mengawinkan’ emas di cabor sepak bola PON XX 2021. Karena, tim sepak bola putri PON juga berhasil meraih emas setelah mengalahkan Jawa Barat 1-0.

Sang kapten Ricky Ricardo Cawor menjadi aktor kemenangan di laga final tersebut, ia berhasil mencentak gol pada babak pertama di menit ke lima dan menit ke 22. Laga berakhir dengan skor 2-0.

Sementara, Provinsi Aceh berhasil meraih posisi ke dua dengan raihan medali perak disusul tim Jawa Timur yang meraih perunggu. Jatim unggul dari Kaltim dengan skor 3-2.

Eduard Ivakdalam selaku pelatih kepala Tim Sepak Bola PON XX Putra Papua kepada awak media mengaku bangga dengan anak didiknya. Sejak awal pertandingan, ia pun mengaku tak pernah meragukan kualitas anak didiknya.

Mereka kata Eduard sudah dilatih untuk membentuk mental juara, mental pemenang.

Baca Juga: Para Atlet PON XX Mencetak Rekor Baru PON dan Nasional

Hasil malam ini merupakan targetnya sejak awal berkarir bersama Ricky dkk. “Dua tahun empat bulan lalu kami sudah target agar PON kali ini Papua juara. Mereka selalu dekat dengan Tuhan dan mereka punya motivasi yang gigih,” ungkapnya.

Meski bangga, ia menyayangkan bahwa setelah PON Papua tim tersebut akan terbongkar.

Kekuatan Baru Generasi Muda Papua

Eduard Ivakdalam menyebutkan, anak didiknya itu adalah kekuatan generasi muda Papua yang baru muncul.

“Setelah Persipura ada tim PON yang mereka bermain juga dengan kualitas. Ini pemain yang banyak tawaran klub liga, tetapi mereka tetap bertahan. Ini semua karena kekompakkan, dari awal kita kompak dan tak pernah terbagi-bagi, makanya sangat disayangkan kalau mereka bubar,” katanya.

Sementara, Ketua Asprov PSSI Papua Benhur Tomi Mano mengatakan, Aprov PSSI Papua berhasil sumbangkan 3 emas dari Cabor futsal, sepak bola putri dan sepak bola putra.

“Dengan kesiapan yang minim untuk putri, tetapi mereka bisa juara dan juga Papua. Ini emas ke tiga untuk tim PON Putra,” ungkapnya.

BTM juga mengaku bahwa Persipura Jayapura akan menarik beberapa pemain dari atlet PON XX Kontingen Papua kali ini.

Bahkan dengan kemenangan ini Asprov PSSI Papua secara khusus akan berikan bonus kepada tim peraih juara.