Tim Sepak Bola Putra PON Papua Berhasil Melaju ke Final
beritapapua.id - tim sepak bola putra Papua. (foto: Antara)

Tim Sepak Bola Putra PON Papua berhasil melaju ke babak final setelah menang 5-1 atas tim Kalimantan Timur di laga semi final yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Selasa (12/10/2021) sore.

Kemenangan tersebut membuka peluang tim Sepak Bola PON Papua bisa untuk mengawinkan emas kategori putra dan putri.

Karena sebelumnya, tim sepak bola putri PON Papua lebih dulu berhasil meraih emas saat berkar kemenangan saat melawan Jawa Barat di laga final dengan skor tipis 1-0 pada, Senin (11/10/21) kemarin.

Sedangkan untuk laga final cabang olahraga sepak bola putra akan berlangsung Kamis (14/10/21). Laga final nanti tersebut diperkirakan akan memberikan tontonan yang menarik bagi penonton yang hadir. Apalagi Papua akan melawan tim kuat Provinsi Aceh yang juga berhasil melaju ke babak final setelah menang tipis 2-1 dari tim Jawa Timur.

Dalam laga semi final ini, tim PON Papua sempat tertingal dengan gol pertama dari Kalimantan Timur.

Beruntung, Papua berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-43 lewat tendangan pinalti. Ricky Cawor yang menjadi eksekutor tendangan pinalti berhasil memberikan satu angka kepada Papua dan berhasil menyamakan kedudukan.

Serangan demi serang terus terjadi antara kedua tim saat memasuki akhir pertandingan pertama, namun kedua tim belum bisa menamb pundi-pundi goal.

Menambah Empat Gol di Babak Kedua

Memasuki babak kedua Papua kembali bermain secara menyerang dan menambah empat gol ke gawang Kaltim.

Masing-masing gol tercipta pada menit ke 65 dan goal tersebut tercipta dari kaki I Nyoman Nikson, Arodi pada menit ke 72, Ricky Cawor pada menit ke 76 dan Samuel Balinsa pada menit 87. Skor 5-1 untuk Papua bertahan hingga laga usai.

Baca Juga: Papua Berhasil Menjadi Juara Umum Tarung Derajat PON XX

Eduard Ivakdalam selaku pelatih kepala Tim Sepak Bola PON XX Putra Papua mengatakan, untuk menatap final memang anak didiknya akan sangat kelelahan.

“Ini mungkin sulit untuk partai final karena hanya sehari dari hari ini. Aceh juga mati-matian di sana berjuang. Tapi kita antisipasi mereka, saya pikir kelelahan ini yang akan menjadi masalah, sehingga besok (Kamis,-Red) perlu perjuangan,” katanya.

Walau mengakui hal itu, ia optimis anak asuhnya akan mampu untuk kalahkan Aceh. Untuk itu, persiapan matang akan dilakukan.

“Kita akan adu kekuatan kita dengan Aceh. Kami optimis, ini rumah kami,” tegasnya.