Tim Sepak Bola Putri Papua Berhasil Meraih Emas di PON XX
beritapapua.id - Tim sepak bola putri Papua menjuarai PON XX. (foto: Antara)

Tim sepak bola putri Papua berhasil meraih emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Tim sepak bola putri Papua berhasil meraih kemenangan dan memberikan medali emas saat menumbangkan tim tangguh putri Jawa Barat (Jabar) di partai final, 1-0, Senin (11/10/2021) yang berlangsung di Stadion Katalpal Merauke.

Sebelum berhasil meraih kemenangan jalannya pertandingan sangatlah sengit antara kedua belah pihak. Pada babak pertama kedua tim saling melancarkan serangan demi serangan.

Namun hingga wasit meniup peluit panjang babak pertama usaha kedua tim untuk mencetak goal belum membuahkan hasil. Dan babak pertama berakhir dengan kedudukan tak berubah yaitu 0-0.

Memasuki babak kedua kembali melancarkan serangan demi serangan ke masing-masing gawang. Pada babak kedua tersebut pelatih tim sepak bola Papua, Priagung Dani Atmojo, menarik salah satu pemain dan memasukan Liza Armanita Mandjar.

Masuknya pemain dengan nomor 10 itu, ternyata menambah daya gedor tim putri Papua. Hasilnya langsung terlihat pada menit ke 73 setelah Liza Armanita Madjar mencetak gol indah dari luar kotak penalti yang tak mampu dijangkau kiper Jawa Barat. Papua pun unggul 1-0.

Jawa Barat berusaha mengejar ketertinggalan dalam sisa menit babak kedua. Namun hingga satu menit tambahan waktu babak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim.

Hasil Akhir Pertandingan

Pertandingan pun berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Papuat. Papua pun berhasil meraih medali emas sepak bola putri PON XX, sedangkan medali perunggu diraih Bangka Belitung setelah mengalahkan DKI Jakarta 3-0.

Seusai pertandingan pelatih Priagung Dani Atmojo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tuhan karena timnya berhasil memperoleh medali emas pada ajang PON.

“Kalau tak ada campur tangan Tuhan, tentunya kemenangan ini tak bisa diraih. Ya pertandingan tadi adalah akhir dari semuanya setelah kurang lebih dua tahun melatih anak-anak,” ungkapnya.

“Memang target kami adalah emas dan hari ini terbukti. Kami telah mengukir sejarah dalam PON XX ini hingga meraih medali emas,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ribuan masyarakat Merauke yang telah memberikan dukungan dari atas tribun sekaligus menyemangati para pemain selama bertanding. Pelatih kepala Jabar, Saepuloh, menyampaikan ucapan selamat kepada tim Papua yang telah memenangkan laga final ini.

Kedua tim telah menampilkan yang terbaik. Hanya saja, dewi fortuna berpihak kepada kesebelasan Papua. “Tim saya sudah melaksanakan instruksi dengan baik selama bertanding di babak pertama dan kedua,” katanya.