Timika Dalam Kondisi Gawat Darurat Covid-19
Beritapapua.id - Timika Dalam Kondisi Gawat Darurat Covid-19 - Antara

Timika Dalam Kondisi Gawat Darurat Covid-19 –┬áKabupaten Timika, Papua, sedang berada dalam kondisi gawat darurat covid-19. Penyebab utamanya adalah meningkatnya kasus positif covid-19 setiap harinya.

“Kondisi di Mimika hari ini sudah darurat. Berdasarkan laporan Direktur RSUD Mimika dan Direktur RSMM Timika, jumlah pasien Covid-19 meningkat dari rata-rata sebelumnya 15 orang per hari menjadi 20 orang per hari. Hal itu membuat fasilitas, terutama tempat tidur di rumah sakit penuh dengan pasien,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Reynold Ubra, di Timika, Selasa (29/9).

RS Timika saat ini sudah menutup layanan ruang ICU dan mengalihfungsikan menjadi tempat untuk merawat pasien covid-19 dengan kondisi sedang hingga berat. Ruang isolasi tekanan positif dan negatif di rumah sakit tersebut juga telah penuh.

Kondisi serupa juga terjadi pada RSMM Timika, salah satu rumah sakit swasta Timika yang juga menangani pasien covid-19. Sedangkan shelter Wisma Atlet Mimika Sport Complex saat ini sedang menampung 70 pasien covid-19 dengan gejala ringan.

“Yang paling kritis saat ini yaitu kebutuhan gas medis. Kebutuhan per hari gas medis untuk RSUD Mimika dan RSMM Timika sebelum ada pandemi Covid-19 sekitar 20 tabung. Saat ini kebutuhan per harinya melonjak sampai 60 tabung,” kata Reynold.

Baca Juga: Pemprov Papua Melantik Pejabat Sementara Bupati

Puskesmas Sebagai Alternatif

Timika Dalam Kondisi Gawat Darurat Covid-19
Beritapapua.id – Timika Dalam Kondisi Gawat Darurat Covid-19 – Antara

Reynold mengatakan bahwa Dinas Kesehatan Mimika berupaya melakukan rekayasa pelayanan kesehatan, sehingga tidak semua pasien covid-19 harus dirawat di rumah sakit. Reynold menambahkan bahwa Puskesmas bisa jadi alternatif tempat perawatan pasien covid-19.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan puskesmas-puskesmas di zona merah dan zona kuning untuk meminta mereka membuka pelayanan ke luar,” ujar Reynold.

Salah satu puskesmas yang sudah siap menjadi alternatif sebagai tempat darurat penanganan covid-19 adalah Puskesmas Mapurajaya, Mimika Timur. Puskesmas ini bisa menampung hingga 25 pasien. Dinkes Mimika juga telah menyiapkan dua tenaga dokter di puskesmas tersebut, serta dua ambulans untuk mengantar dan menjemput pasien covid-19.

Hingga Senin (28/9), terdapat 1.505 warga yang terkonfirmasi positif covid-19. Sedangkan untuk pasien sembuh mencapai 1.018 warga. Jumlah pasien yang meninggal tercatat sebanyak 16 orang. Sedangkan warga yang menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit, termasuk isolasi mandiri di rumah, berjumlah 471 orang.