Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kota Jayapura Meningkat
beritapapua.id - Ilustrasi tenaga kesehatan Covid-19. (foto: Liputan6)

Pasien sembuh dari paparan Covid-19 di Kota Jayapura, Papua mengalami kenaikan. Hal ini juga seperti yang terlihat dari update data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jayapura.

Dari data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, hingga Minggu (31/10/2021) jumlah pasien sembuh akibat terpapar Covid-19 sebanyak 12.684 orang atau 97,9 persen dari kumulatif positif sebanyak 12.959.

Wali Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan bahwa jumlah pasien meninggal Covid-19 saat ini sebanyak 269 orang. Sedangkan untuk pasien yang masih menjalani isolasi dan perawatn sekitar 6 orang.

Menurutnya meski sudah semakin berkurang, penyebaran Covid-19 masih terjadi di ibukota Provinsi Papua ini. Untuk itu, pemerintah meminta warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Karena untuk menekan wabah Covid-19 ini, dimulai dari menekan angka penyebarannya salah satunya dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah beraktivitas,” ujar Rustan.

Selain itu, pemerintah juga meminta masyarakat untuk menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan teratur serta berolahraga, dan menguatkan iman agar imunitas tubuh tidak drop.

Baca Juga: Jelang Peparnas XVI, PHRI Papua Siap Fasilitasi Atlet dan Official

“Saya berharap pandemi Covid-19 ini semakin hari akan semakin menjauh hingga lenyap dari Tanah Papua ini khususnya di Kota Jayapura. Saya mengajak semua warga untuk sama-sama mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini,” ujar Rustan.

Mendapat Pelayanan Kesehatan Secara Maksimal

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, dr. Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan meningkatnya kasus kesembuhan pasien Covid-19 karena pasien mendapatkan pelayan kesehatan secara maksimal.

“Mulai dari penguatan spiritual, pemberian obat dan makanan kami perhatikan dengan baik, rajin berolahraga, dokter dan perawat secara maksimal memberikan pelayanan agar pasien cepat sembuh,” ujar Antari.

Selain itu, pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di wilayah tersebut juga memiliki rasa tanggung jawab dalam mengikuti saran dokter. Hal ini menunjukkan bahwa pasien tersebut memiliki keinginan untuk sembuh.

“Kita jangan sampai lengah karena Covid-19 masih ada di sekitar kita, dengan mematuhi protokol kesehatan agar tidak terinveksi covid. Berdasarkan penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus termaksud korona sebesar 35 persen, memakai masker 75 persen,” ujar Antari.