TNI AL Laksanakan Kegiatan Vaksinasi Nelayan di Tengah Laut
beritapapua.id - Tim kesehatan Fasharkan TNI AL Manokwari melaksanakan vaksinasi nelayan di perairan Teluk Doreri kabupaten Manokwari Papua Barat, Selasa (24/8/2021). (foto : antara)

Pangkalan Fasharkan TNI AL Manokwari melaksanakan serbuan vaksinasi kepada nelayan di laut guna membantu program pemerintah dalam memutus rantai penularan Covid-19.

Salah satu caranya dengan mendatangi langsung jalur kapal motor (longboat) nelayan di perairan teluk Doreri kabupaten Manokwari Papua Barat, Selasa.

Kepala Fasharkan TNI AL Manokwari Kolonel Laut (T) Purwoko Hadijantono melalui Kasat Intel Kapten Laut (K) Tri Nugroho Putro, A.Mk menerangkan bahwa vaksinasi tersebut merupakan “jemput bola” dengan mendatangi langsung nelayan di laut.

Kegiatan ini juga berlangsung unntuk menyasar nelayan di perairan Teluk Doreri yang sampai saat ini belum menerima vaksinasi.

“Serbuan vaksinasi kali ini TNI AL Manokwari menyasar nelayan di perairan Teluk Doreri kabupaten Manokwari yang beluma sempat mendapatkan vaksinasi karena waktu mereka lebih banyak di laut,” kata Kapten Nugroho.

Pelaksanaan vaksinasi ini juga sebagaimana arahan pimpinan TNI AL guna membantu program pemerintah dalam percepatan penanggulangan Covid-19. Dan ini juga merupakan upaya untuk memutus penularan Covid-19 di tengah masyarakat Papua Barat.

Baca Juga : Sepekan Terakhir 12 Pasien Covid-19 Kota Sorong Terkonfirmasi Sembuh

“Sesuai arahan pimpinan, kami pun berkomitmen membantu pemerintah daerah percepat pembentukan herd imunity masyarakat khusus nelayan di pesisir kabupaten Manokwari,” katanya.

Dengan “jemput bola” tersebut aktivitas nelayan untuk melaut tidak terganggu tetapi kondisi kesehatan mereka terlindungi dari paparan COVID-19.

Tim juru vaksin yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi tersebut adalah sebanyak tiga orang dari rumah sakit dr. Azhar Zahir TNI AL Manokwari.

25 Nelayan Menerima Vaksinasi TNI AL

Sementara nelayan yang menerima vaksin tersebut berjumlah 25 orang, mereka masing-masing menerima vaksinasi dosis pertama.

“Rata-rata 25 orang nelayan divaksinasi dosis pertama. Mereka pun sudah diarahkan untuk mengikuti vaksinasi dosis ke dua nanti di tempat-tempat pelayanan vaksinasi terdekat,” katanya.

Selanjutnya La Ode Amran satu dari 25 nelayan yang terlayani mengatakan sangat terbantu dengan gelaran vaksinasi Fasharkan TNI AL tersebut.

“Kami para nelayan sangat terbantu dengan kegiatan vaksinasi ini mengingat aktivitas kami paling banyak di laut ,” kata Amran.

Selain melaksanakan vaksinasi, tim kesehatan Fasharkan TNI AL Manokwari juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan serta pembagian masker kepada nelayan.