TNI AL Menggelar Vaksinasi Kepada Pelajar SMA di Kabupaten Sorong
beritapapua.id - TNI Angkatan Laut melakukan vaksinasi bagi siswa SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong, Selasa (7/9/2021). (foto: antara)

TNI Angkatan Laut Komando Armada III menggelar “Serbuan Vaksinasi COVID-19” di wilayah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat dengan menyasar para siswa SMA di daerah itu.

Serbuan Vaksinasi ini berlangsung di SMA Negeri 1 Kelurahan Majaran, Distrik Salawati, di Sorong, Selasa (07/09/21). Pada kegiatan tersebut ada sekitar 300 siswa dan orang tuanya yang datang untuk mengikuti vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Koarmada III, Letkol Laut (K) dr. Donny Susilawardana, mengatakan pelaksanaan kegiatan vaksinasi tersebut untuk mengejar target vaksinasi nasional. Selain itu, pelaksanaan kegiatan ini juga merupakan dalam rangka menyambut HUT Ke-76 TNI AL pada 2021.

Ia menjelaskan bahwa tenaga kesehatan yang terlibat dalam kegiatan tersebut berjumlah 10 orang. Dan tenaga kesehatan tersebut yang selama ini melakukan vaksinasi umum kepada masyarakat.

Donny mengatakan bahwa, selain melayani siswa, “Serbuan Vaksinasi” ini juga tetap melayani warga biasa, termasuk orang tua siswa.

Menggunakan Jenis Vaksin Sinovac

Pada kegiatan serbuan vaksinasi tersebut menggunakan jenis vaksin Sinovac, baik dosis pertama maupun dosis kedua. Kegiatan berjalan tersebut juga berjalan dengan lancar sesuai target 300 orang dalam sehari.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong, Laurensius Fofid mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Koarmada III, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Baca Juga: HIPMI Papua Barat Salurkan Bantuan Alat Ventilator ke Pemkot Sorong

Ia mengimbau agar siswa/siswi yang telah menjalani dan mengikut vaksinasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena saat ini pandemi Covid-19 masih tetap ada.

“Saya selaku Kepala Sekolah menekankan kepada seluruh siswa bahwa setelah divaksin agar tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, selalu memakai masker, dan menjaga jarak) baik di sekolah maupun setelah kembali ke rumah,” kata Laurensius Fofid.

Ia juga mengatakan bahwa vaksinasi berjalan lancar dan proses pelajar mengajar berjalan sesuai dengan jadwal pelajaran.

Laurensius juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut mulai sejak pukul 08.00 sampai 15.00 WIT. Pada kegiatan tersebut juga terdapat Nakes dari Dinas Kesehatan Koarmada III berjumlah 10 orang.