TNI Polri Menggelar Apel Pasukan Pengamanan PSU Tahap II di Yalimo
beritapapua.id - TNI Polri gelar pasukan pengamanan PSU tahap II di Yalimo. (foto: Merdeka)

Polres Yalimo menggelar Apel Pasukan Gabungan TNI-Polri dalam rangka menghadapi Pemungutan Suara Ulang (PSU) tahap II Pilkada Kab. Yalimo tahun 2020. Pelaksanaan apel ini bertempat di Bertempat di Lapangan Apel Pemerintah Daerah Kabupaten Yalimo, Sabtu (13/11/2021) kemarin.

Pelaksanaan PSU di Kabupaten Yalimo ini merupakan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan KPU Kab. Yalimo untuk melaksanakan pemungutan suara ulang setelah mendiskualifikasi salahsatu calon bupati.

Pada apel itu Kapolres Yalimo, AKBP Hesman Sotarduga Napitupulu menjadi pemimpin yang diikuti oleh 400 personel TNI-Polri dari personel jajaran Kodim 1702/jayawijaya, Kodim persiapan Yalimo, Satgas Pamrahwan Yonif 751/VJS, Satuan Brimob Nusantara dan Polres Yalimo.

Kapolres dalam sambutannya menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan salah satu bentuk kesiapan kami TNI/Polri dalam mengamankan jalannya PSU tahap II nanti.

Baca Juga: Puluhan Mahasiswa Jayawijaya Terancam Diusir Dari Kontrakan Jakarta

“Pada pelaksanaan PSU, seluruh personel yang terlibat agar memahami prosedur yang berlaku sehingga tidak ada keragu-raguan pada pelaksanaan tugas di lapangan. Tetap jaga kekompakan dan sinergitas dalam menjaga situasi, keamanan dan ketertiban masyarakat di Kab. Yalimo,” katanya.

Bersikap Netral

Kapolres juga mengingatkan agar personel TNI-Polri tetap memegang teguh netralitas dengan tidak memihak salahsatu calon.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang mengatakan bahwa pihaknya berharap masyarakat dapat bekerjasama dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses pelaksanaan PSU nantinya.

“Kita tidak ingin konflik sosial yang terjadi beberapa bulan yang lalu terulang kembali. Sebab dampak yang ditimbulkan sangat merugikan banyak pihak termasuk masyarakat itu sendiri. Untuk itu, mari kita tidak memaksakan ego masing-masing dan menyelesaikan konflik politik di Kab. Yalimo saat ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Semua untuk Kab. Yalimo yang semakin baik, maju dan sejahtera,” tutur Dandim.

Turut hadir juga PJ. Bupati Kab. Yalimo Dr. Ribka Haluk, S.Sos., M.Si., Dansatgas BKO Brimob Nusantara Kombes Pol Brury Soekotjo A.P, S.I.K., Ketua KPUD Yalimo Yehemia Walianggen S.S., Kakesbangpol Kabupaten Yalimo Liberius Mabel, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yalimo Yunus Sambom dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Yalimo Manase Loho.