TNI Sergap Persembunyian KKSB Papua
Beritapapua.id - TNI Sergap Persembunyian KKSB Papua - Merdeka

TNI Sergap Persembunyian KKSB Papua – Prajurit TNI melalukan penyergapan di sebuah honai yang menjadi tempat persembunyian anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Distrik Dal Kabupaten Nduga Papua, Sabtu (3/10).

Kepala Penerangan (Kapen) Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengungkapkan kejadian tersebut berawal ketika pasukan TNI sedang melaksanakan patroli rutin di Distrik Dal di lokasi yang dicurigai menjadi jalur lintasan gerombolan KKSB.

Suriastawa mengatakan saat itu waktu menunjukan pukul 12.00 WIT ketika pasukan TNI yang berada di ketinggian melihat kepulan asap dari rerimbunan hutan di Distrik Dal. Setelah melihat kepulan asap dari balik rimbunan hutan tersebut pasukan TNI pun berusaha mendekati lokasi.

Pasukan TNI kemudian melakukan pengintaian dan mendekati sasaran secara senyap. Saat berusaha mendekati asal asap dari balik rerimbunan pohon tersebut terlihat sebuah rumah honai.

Suriastawa mengatakan saat itu terdengar percakapan dari sekira empat sampai lima orang yang berada alam honai. Kemudian dua orang keluar dari dalam honai dan dari kejauhan nampak jelas satu orang sedang menenteng satu pucuk senjata laras panjang. Saat itu, pasukan TNI masih mengintai untuk memastikan secara pasti kekuatan musuh.

Dalam masa pengintaian, pasukan TNI justru mendapatkan tembakan dari arah honai, namun tidak mengenai sasaran. Pasukan TNI pun kemudian melakukan tembasan balasan, sehingga terjadi baku tembak selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, pasukan TNI menunggu hingga suasana aman sebelum melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada tempat kejadian.

Baca Juga: DPR Sahkan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja

Satu Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Suriastawa mengatakan dalam penyergapan tersebut prajurit TNI berhasil menewaskan seorang anggota KKSB anak buah Egianus Kogoya.

“Kontak tembak tersebut berhasil menewaskan salah seorang anggota KKSB anak buah Egianus Kogoya yang sedang berada dalam tempat persembunyian di sebuah honai di Distrik Dal wilayah Nduga,” kata Suriastawa, Sabtu (3/10).

Suriastawa memperkirakan terdapat empat orang anggota KKSB pimpinan Egianus Kogoya. Sedangkan lainnya yang berada di dalam honai melarikan diri melalui pintu belakang ke arah hutan belantara.

“Hingga saat ini pasukan TNI terus melakukan pengejaran untuk menangkap gerombolan KKSB yang sering melakukan kekerasan. Bahkan tak segan membunuh masyarakat sekitar seperti kejadian beberapa waktu lalu. Yaitu menembak mati tukang ojek pangkalan dan membunuh dua prajurit TNI,” ujar Suriastawa.