Todd Ferre
Todd Ferre

Todd Ferre, eks bintang nasional Indonesia U-19 dan U-23 sekaligus bintang Persipura akan kembali ke Papua. Sebelumnya, Persipura meminjamkan Todd Ferre kepada Lampang FC, Thailand.

Lantaran Lampang FC tak mampu mendapatkan promosi ke Liga 1, akhirnya kontrak peminjaman Todd Ferre berakhir. Jika Lampang FC mampu lolos ke Liga 1, Todd Ferre akan bertahan hingga April.

Atas hal tersebut Todd Ferre pulang tepat pada waktunya. Pasalnya, Persipura saat ini tengah bersiap untuk berlaga pada ajang piala AFC Cup 2021.

Jacksen F Tiago, Pelatih tim Mutiara Hitam, mengatakan bahwa Todd Ferre sangat ingin kembali ke Persipura. Khususnya, untuk memberikan sumbangsihnya dalam Liga Champion Asia Tenggara itu.

“Memang kita sudah komunikasikan dengan Todd sendiri, dan dia sangat menginginkan untuk kembali ke Persipura bermain di AFC. Mudah-mudahan bisa bergabung secepatnya dengan tim,” tutur Jacksen Tiago, mengutip Jubi, Senin (22/03/21).

Kiprah Todd Ferre di Thailand: Jadi Starter dan Cetak Gol

Baca juga: Long Covid, Gejala Berkepanjangan Setelah Sembuh Corona

Kemampuan Todd Ferre mengolah kulit bundar terbayar kala timnya meletakan kepercayaan padanya. Pada laga Lampang versus Nongbua Pitchaya pekan ke-28, Todd menjadi pemain starter.

Tak hanya itu, pada menit ke-29 Todd berhasil membobol gawang lawan. Gol tersebut menjadi satu-satunya gol yang Lampang FC buat. Pasalnya, permainan berakhir dengan skor seimbang, yakni 1-1.

Atas permainannya tersebut, Todd mendapat pujian dari rival Lampang FC, yakni Phrae United FC. Pelatih tim rival Lampang FC, Machado da Silva Junior, mengaku takjub dengan permainan Todd.

“Ya, Todd mulai berkembang sesuai harapan saya. Dia pemain kelas, dia mengikuti saran yang pernah saya berikan. Saya bilang kamu harus fokus dan main seperti kamu main di Indonesia,” ujar Machado da Silva Junior mengutip INDOSPORT.

Baca juga: Inilah Tiga Pemain Profesional Yang Akan Perkuat Tim PON Papua

Menurut Machado, Todd merupakan pemain berbakat. Ia mampu membuat bek Nongbua Pitchaya terkecoh. Kemudian, bintang Papua ini mampu mengontrol umpan lambung dari rekannya sebelum akhirnya mencetak angka.

Kendati demikian, laga kontra Nongbua Pithcaya adalah laga pertama setelah sebelumnya Todd hanya menjadi cadangan. Dalam 7 laga sebelumnya, pelatih tidak pernah memasang Todd sebagai pemain utama.

Kiprahnya dalam liga Thailand membuktikan Todd adalah pemain berkelas. Selanjutnya, tinggal kita tunggu permainannya bersama tim Mutiara Hitam dalam laga AFC Cup 2021.