Trio Pesepakbola Putri Papua Ikut TC Timnas Wanita Indonesia
beritapapua.id - Carla Bio Pattinasarany (baju putih) yang turut dipanggil PSSI. (foto: PB PON XX Papua)

Trio atau tiga pesepakbola putri asal Papua masing-masing Debora Pagawak, Marsela Yuliana Awi, dan Remini Chere Rumbewas dipanggil Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengikuti training center (TC) atau pemusatan latihan terpusat Timnas Wanita Indonesia di Jakarta.

Selain ketiga pemain putri Papua terdapat pula 37 pesepak bola dari seluruh Indonesia yang juga masuk dalam daftar pemanggilan. Jawa Barat mendominasi pemain terbanyak dan Timnas Wanita Indonesia segera menggelar pemusatan latihan dalam rangka persiapan menuju Piala Asia Wanita di India pada Januari 2022.

Sebanyak 40 pemain dipanggil untuk mengikuti TC yang akan digelar pada 12-30 Desember 2021 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mendukung TC yang rencananya akan terlaksana selama kurang lebih 3 pekan. TC ini menjadi pemusatan latihan yang penting mengingat level kompetisi yang akan timnas wanita hadapi merupakan level tingkat Asia.

Timnas Wanita Indonesia sendiri mencatatkan sejarah baru setelah berhasil lolos ke kompetisi Piala Asia Wanita di India. Pasalnya Timnas Wanita Indonesia berhasil lolos setelah menanti selama 33 Tahun.

“Sejarah sudah tercipta saat anak-anak berjuang di babak kualifikasi lalu di Tajikistan, di mana kita lolos setelah menanti selama 33 tahun. Saya harap perjuangan ini berlanjut di India dan PSSI tentu mendukung penuh pemusatan latihan dalam masa persiapan ini,” kata Iriawan.

TC Terpusat di Jakarta

Sementara itu, Pelatih timnas wanita Rudy Eka Priyambada mengatakan bahwa pemusatan latihan akan terpusat di Jakarta.

“Alhamdulillah pemusatan latihan bisa segera untuk dimulai pada pekan ini dengan mendatangkan pemain-pemain di TC yang akan terpusat di Jakarta. ,’’ ujarnya.

Ia juga mengatakan akan memaksimalkan latihan kepada para pemain dengan waktu kompetisi yang semakin dekat.

Baca Juga: Program Internet Gratis Dari Kominfo Papua Masih Berjalan Hingga Kini

Rudy menambahkan para pemain yang dipanggil ialah mereka yang sudah pernah mengikuti seleksi dan TC sebelumnya. Ada beberapa nama baru yang ikut bergabung termasuk mereka yang ikut di PON Papua 2021.

“Ada beberapa pemain yang kami panggil untuk memenuhi kuota maksimal pemanggilan pemain pada TC ini berdasarkan penampilan mereka di PON Papua pada bulan Oktober lalu. Mendatangkan pemain-pemain ini menjadi salah satu hal baik untuk membantu langkah kita menuju Piala Asia, di mana setidaknya kita bisa lolos dari fase grup,” ungkap Rudy.

Remini Chere Rumbewas, berposisi sebagai bek atau pemain bertahan, merasa bangga atas pemanggilan dirinya pada TC kali ini. Remini bersyukur karena dirinya kembali dipanggil pada TC persiapan menuju Piala Asia bulan Januari mendatang.

“Puji Tuhan bisa kembali bergabung dengan teman-teman dalam pemusatan latihan di Jakarta,” kata Rumbewas.