Tuan Rumah Papua Jadi Juara Umum Peparnas XVI
beritapapua.id - Dua atlet Para renang Papua usai pengalungan medali emas dan perak. (Dok. Humas PB Peparnas XVI Papua)

Tuan rumah Papua berhasil menjadi juara umum di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI. Karena capaian tersebut Gubernur Papua, Lukas Enembe memberikan pujian spesial kepada Kontingen NPC Papua.

Pelaksanaan Peparnas XVI 2021 juga telah resmi selesai dan ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada, Sabtu (13/11/21) kemari.

Keluarnya Kontingen NPC Papua menjadi juara umum karena sukses melampui perolehan medali di ajang tersebut. Dan hal ini juga merupakan catatan sejarah bagi tuan rumah Papua di ajang Peparnas XVI.

Papua yang keluar sebagai juara umum sukses meraih total 295 medali di Peparnas XVI. Rincian medali tersebut adalah 125 emas, 85 perak, dan 85 perunggu.

Perolehan medali ini mengalahkan Jabar yang hanya meraih 102 emas, 85 perak, dan 70 perunggu. Sementara Jawa Tengah berada di urutan ketiga dengan 88 emas, 55 perak, dan 72 perunggu.

Gubernur Papua, Lukas Enembe melalui juru bicara Muhammad Rifai Darus meminta agar para atlet Papua menghargai kemenangan yang telah susah payah mereka raih di Peparnas XVI ini.

Ia juga berterima kasih kepada para kontingen dari provinsi lain yang juga telah berjuang, terlebih hampir semua provinsi berhasil pulang membawa medali.

Papua Juga Bisa Menjadi Provinsi Olahraga

Selain itu, Enembe juga mengatakan Peparnas ini menjadi bukti keseriusan Papua untuk membangun infrastruktur olahraga ramah disabilitas. Tidak hanya itu Papua juga bisa menjadi ‘provinsi olahraga’.

Baca Juga: TNI Polri Menggelar Apel Pasukan Pengamanan PSU Tahap II di Yalimo

“Peparnas XVI Papua 2021 ini memberikan banyak cerita baik, unik dan menarik kepada seluruh peserta yang hadir secara langsung di Bumi Cenderawasih diharapkan agar para peserta dari daerah lain tersebut dapat membawa cerita-cerita tersebut ke seluruh penjuru nusantara, bahwa Papua adalah tanah yang indah dan seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo mengenai Papua adalah surga kecil yang jatuh ke bumi,” ujar Rifai.

Enembe juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Papua yang telah menyukseskan Peparnas ini. Karena menurutnya dengan adanya dukungan masyarakat Peparnas XVI bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

“Teruslah menabur kasih, ciptakan rasa damai, dan bergerak lah maju untuk mewujudkan Papua bangkit, mandiri, dan sejahtera yang berkeadilan,” ujarnya lagi.