Tutup Karena Covid-19, Bukit Tungkuwiri Jayapura Kembali Dibuka
Tutup Karena Covid-19, Bukit Tungkuwiri Jayapura Kembali Dibuka

Sebagai daerah tujuan wisata, Bukit Tungkuwiri yang berada di Kabupaten Jayapura, Papua, memiliki daya tarik tersendiri. Bukit yang terlihat seperti Bukit Teletubbies itu memiliki lokasi yang menyuguhan pemandangan indah Danau Sentani.

Semenjak pandemi COVID-19, Tungkuwiri sempat melakukan penutupan bagi wisatawan. Saat ini, Tungkuwiri mulai kembali buka, dengan batasan waktu yang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. Warga sekitaran Kabupaten Jayapura pun kembali berwisata ke Tungkuwiri.

Salah satu pengunjung Tungkuwiri, Sergius Mambrasar yang datang dari Serui mengaku sangat menikmati pemandangan di sana. “Tungkuwiri itu tempat wisata yang sangat bagus, sehingga perlu mentatanya dengan baik,” kata Mambrasar.

Ia mengaku penasaran dengan keindahan alam Tungkuwiri, sehingga menyempatkan berkunjung bersama keluarganya. “Saya juga baru pertama kali datang. [Selama ini] saya lihat [keindahan] Tungkuwiri di media sosial, baik lewat foto dan video. Jadi, saya dan keluarga sempatkan diri untuk mampir,” tutur Mambrasar.

Memperbaiki Semua Fasilitas Bukit Tungkuwiri

Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Kawasan Permukiman Provinsi Papua tengah memperbaiki sejumlah fasilitas umum di Tungkuwiri termasuk tempat parkir, pondok, toilet, dan spot berfoto, Mambrasar berharap perbaikan itu dapat menambah kenyamanan pengunjung.

Baca Juga : Bupati Paniai : Pemekaran Daerah Otonom Baru Akan Terwujud

“Karena itu dalam tahapan perbaikan, yang paling penting itu unsur keselamatan. Itu yang perlu diutamakan, agar pengunjung merasa aman menikmati pemandangan dari puncak. [Menikmati pemandangan dari puncak] itu kepuasan tersendiri. Masyarakat di lingkungan ini bisa bersahabat dengan pengunjung yang datang. Pengunjung yang datang juga harus menjaga kebersihan agar tetap indah,” tutur Mambrasar.

Dari pantauan Jubi pada Kamis, pengunjung yang hendak menunggu pemandangan matahari terbenam biasa berswafoto di sebuah miniatur perahu berbahan bambu.

Pemandangan di Distrik Waibu, Doyo Lama, Kabupaten Jayapura itu memang indah, namun banyak sampah plastik berserakan.

Salah satu penjaga wisata Tungkuwiri, Torry menuturkan jumlah pengunjung Tungkuwiri berkurang sejak pandemi COVID-19. “Pengunjung masih tetap datang, walau sedikit. Paling ramai pengunjung pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pengunjung yang datang menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker,” katanya

Torry juga menjelaskan Tungkuwiri sedang dalam perbaikan, baik parkiran, pondok dan toilet. “Pekerjaan itu dilakukan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua. Mereka bikin parkiran, toilet ukuran besar, dan juga perbaikan jalan dan pelebaran jalan di atas bukit,” ucapnya.

Torry menuturkan pihaknya telah mengimbau setiap pengunjung Tungkuwiri menjaga kebersihan lokasi wisata itu. “Kesadaran yang masih kurang, ada yang buang sampah begitu saja” tuturnya Torry.

Oleh karena itu ia berharap wisatawan yang datang bisa menjaga kebersihan ketika datang ke kawasan Tungkuwiri.