Uang Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan
beritapapua.id - Uang Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan - Bongkah.Id

Bank Indonesia (BI) meluncurkan uang khusus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 75. Uang tersebut diterbitkan dalam bentuk kertas dengan nominal 75 ribu dan dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Design warna pada uang tersebut dipadu dengan warna merah dan putih. Wajah Soekarno dan Mohammad Hatta juga terpampang di bagian tengah uang tersebut.

Disalah satu sisi pada uang tersebut, terdapat gambar deretan anak-anak yang memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia. Uang tersebut juga dilengkapi dengan tanda tangan Gubernur BI dan Menteri Keuangan

Peluncuran uang ini dilakukan secara virtual lewat akun resmi Bank Indonesia di media streaming Youtube. Acara “Peresmian Pengeluaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia” akan dihadiri oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan bahwa uang khusus ini bukanlah uang baru yang beredar bebas di masyarakat atau digunakan untuk pelaksaan kegiatan ekonomi.

“Uang ini khusus untuk peringatan peristiwa, yakni dalam rangka memperingati HUT RI ke-75,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (17/08).

Masyarakat sendiri bisa mendapatkan uang ini dengan cara melakukan penukaran di Bank Indonesia. Sebelum melakukan pemesanan, masyarakat terlebih dahulu melakukan pemesanan jadwal dan lokasi penukaran, secara online pada aplikasi PINTAR di website BI, dengan tautan https://pintar.bi.go.id.

Proses penukaran uang akan dilakukan dalam 2 periode. Periode pertama dari tanggal 17 Agustus sampai 30 September 2020, dan periode kedua dari tanggal 1 Oktober sampai selesai. Proses penukaran uang bisa dilakukan di kantor pusat Bank Indonesia dan 45 kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia.

Baca Juga: 75 Tahun Merdeka, Namun Masih Terjajah Secara Ekonomi

Uang Adalah Simbol Kedaulatan Negara

Uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah uang yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Sebelumnya uang di Indonesia dikenal dengan uang “Bank Indonesia”.

Pengunaan frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” secara filosofis bermakna sebagai kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan semua warga negara Indonesia.

Penghargaan Warga Negara Indonesia pada mata uangnya sendiri akan mendorong berdaulatnya rupiah di negeri sendiri, dengan harapan rupiah dapat berdiri sejajar dengan mata uang utama yang lain.