Ujian Berat Untuk Persipura, Bertahan di Liga 1 Atau Degradasi ke Liga 2
beritapapua.id - Logo Persipura Jayapura. (Foto: Istimewa)

Ujian berat harus diterima oleh Persipura Jayapura, pasalnya tim berjuluk Mutiara Hitam dari Timur dapat terdegradasi ke Liga 2 musim ini. Salah faktor yang bisa membuat Persipura Jayapura tetap bertahan di Liga 1 adalah menunggu mukjizat.

Terlebih Persipura harus memetik kemenangan pada laga terakhir kontra Persita Tangerang nanti. Selain itu, nasib Persipura Jayapura juga berada di Persija yang bertemu dengan PSS Sleman dan Persib melawan Barito Putera.

Berapa pun gol ke gawang Persita Tangerang nantinya tak akan mampu menolong Persipura keluar dari zona degradasi. Jika Persija kalah oleh PSS Sleman dan Persib takluk atau imbang dari Barito Putera.

Sebelumnya,  Persipura berhasil meraih tiga poin atas PSIS Semarang dengan skor akhir 4-0 pada gionarta ke 33 BRI Liga 1 2021-2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Kamis (24/3/2022).

Empat gol kemenangan Persipura dicetak Yohanes Pahabol (22’), Yevhen Bokhasvili (50’), Ramiro Fergonzi (78’) dan Ramai Rumakiek (90+3).

Meski meraih kemenangan telak, Tim Mutiara Hitam kini masih berkutat di zona merah. Pasalnya, pada saat bersamaan dua rival terdekat, Barito Putera menang atas Persita Tangerang dengan skor akhir 2-0. Begitu pula PSS Sleman mengalahkan Persela Lamongan dengan skor akhir 3-2.

Baca Juga: Pemkab Jayawijaya Akan Rekrut Ratusan Guru Asli Jayawijaya Untuk Bantu Pelajaran Bahasa Ibu

Selain tiga tim papan bawah ini masih berupaya keras agar lolos dari zona degradasi, PSM Makassar juga belum aman.

Tim Juku Eja juga wajib sapu bersih di dua laga sisa, untuk lolos dari zona degradasi. Pasalnya, PSM Makassar dan Barito Putera sama-sama mengumpulkan 35 poin.

Persipura masih berada di peringkat ke-16 klesemen sementara dengan 33 poin selisih dua poin dari Barito Putera di peringkat 15 dengan 35 poin dan tiga poin dari PSS Sleman di peringkat 14 dengan  36 poin.

Keluar Dari Zona Merah

Juru Taktik Persipura Jayapura Angel Alfredo Vera, usai laga mengharapkan timnya keluar dari zona merah.

“Harapan pasti kita bisa keluar dari zona merah, kita butuh bantuan dari tim lain, tim lain bisa main dengan 100 persen semangat dan fair, kita akan berjuang untuk pertandingan sisa,” tutur pria berpaspor Argentina ini.

Senada dengan itu, Bomber Persipura Ricky Cawor mengatakan, ia dan rekan-rekannya telah menunjukan permainan impresif dan mengalahkan PSIS.

“Kami  yakin tetap bertahap di Liga 1,” tukas super star cabor sepakbola putra PON XX Papua ini.