Ular Deathadder
Ular Deathadder, Ular Paling Mematikan Ada di Papua

Ular Deathadder adalah ular berbisa yang terdapat di Indonesia Timur, Papua. Ular ini sangat terkenal di Australia. Lantaran benua itu memiliki kemiripan ekosistem dengan Papua, tak ayal jika deathadder juga hidup di sana. Sedikit orang yang tahu bahwa ular ini juga hidup di Papua.

Tahun 2019 lalu, ramai pemberitaan seorang anggota TNI tewas terkena gigitan ular. Kasus ini kemudian mengungkap sosok binatang di balik kejadian itu. Pasalnya, ia adalah salah satu hewan yang paling mematikan dunia.

Umumnya, ular ini memiliki warna coklat gelap dengan belang-belang warna serupa yang agak pucat. Selain warna coklat, terkadang ular ini memiliki warna lain seperti jingga pucat atau belang putih. Badannya relatif gemuk dan pendek jika dibandingkan dengan ular lain.

Salah satu ciri khas ular ini adalah kepalanya yang berbentuk seperti kapak. Ukuran kepalanya yang besar serupa dengan tubuhnya yang gemuk yang pendek.

Baca juga Asal-usul Abon Gulung, Oleh-oleh Khas Manokwari

Fakta Si Ular Mematikan Serangan dari ular ini sangat cepat yakni kisaran 0,15 detik. Dalam satu gigitan, ia dapat menyuntikkan 40-100 mg racun ke tubuh mangsanya. Bisa dari ular ini bekerja paling lama dalam waktu 6 jam. Awalnya, korban akan lumpuh oleh bisa tersebut hingga akhirnya sistem pernapasan tertutup oleh bisa tersebut.

Deathadder memiliki cara berburu yang mirip dengan ular derik. Ia memanfaatkan ekornya yang berbentuk seperti cacing untuk menarik perhatian mangsanya. Di luar konteks perburuan, hewan ini termasuk hewan yang pemberani. Kala mendapatkan ancaman, umumnya hewan ini akan bertahan.

Ular ini termasuk dalam spesies Acanthophis. Di Indonesia, terdapat 3 spesies Acanthophis yang kebanyakan hidup di wilayah timur, yakni Acanthophis ceramensis, Acanthophis laevis dan Acanthophis rugosus.

Mengutip dari detik, hewan ini terdapat di Maluku dan Papua. Acanthophis caramensis misalnya, terdapat di daerah Seram dan Tanimbar, Maluku. Spesies ini termasuk dalam keluarga ular bertaring pendek seperti kobra, ular karang, mamba dan taipan.