Vaksin COVID-19 Akan Siap di Akhir 2020?
beritapapua.id - Vaksin COVID-19 Akan Siap di Akhir 2020? - TrenAsia

Vaksin COVID 19 Akan Siap di Akhir 2020? – Hingga hari Senin (1/6), Indonesia mencatat jumlah kasus terkonfirmasi covid-19 sebanyak 26.940 kasus, terjadi penambahan sebesar 467 kasus baru. Penambahan kasus covid-19 masih terus terjadi setiap harinya. Dilihat dari statistik bisa disimpulkan kalau Indonesia masih belum mencapai puncak wabah covid-19. Salah satu alasan mengapa fenomena ini menghantam nyaris seluruh negara di berbagai belahan bumi, adalah karena belum ditemukannya vaksin yang definitif.

Harapan agar segera ditemukannya vaksin covid 19 nampaknya akan bersinar kembali. Baru-baru ini, ada dua perusahaaan China yang mengatakan siap untuk memproduksi vaksin covid-19 secara massal. Dua perusahaan tersebut adalah Institut Produk Biologi Wuhan dan Institut Produk Biologi Beijing. Kedua perusahaan ini mengatakan bahwa mereka telah memasuki tahap uji klinis untuk vaksin covid 19. Pekan lalu, ada 2000 relawan yang terlibat dalam uji coba dan telah divaksinasi. Dari 180 relawan yang sudah diuji, terjadi peningkatan antibodi yang tahan terhadap virus covid-19. Kedua institut tersebut mengatakan bahwa vaksin ini diperkirakan siap untuk didistribusikan di awal tahun 2021.

Di tempat terpisah, Direktur Federasi Internasional Produsen dan Asosiasi Farmasi (IFPMA) yang berbasis di Jenewa, Thomas Cueni mengatakan sampai saat ini ada 10 vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia. Vaksin-vaksin tersebut masih dalam tahap uji coba pada manusia.

Baca Juga: Youtuber Prank Sembako Ferdian Paleka Bebas

Immunitas Tubuh vs Covid-19

Immunitas tubuh yang baik adalah kunci untuk melawan virus covid-19. Selama kita bisa menjaga immunitas kita di level tertinggi, maka semakin kecil kemungkinan kita tertular virus covid-19. Faktor psikologis juga turut mempengaruhi immunitas tubuh kita, seperti depresi, stress, emosional dan sebagainya.

Dari Jawa Timur, seorang nenek bernama Kamtin yang berumur 100 tahun berhasil sembuh dari covid-19. Kamtin dirawat selama sebulan di sebuah rumah sakit dan baru-baru ini sudah diizinkan untuk pulang. Selama masa perawatan, Kamtin rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi, selalu menjaga kebersihan, dan rutin meminum vitamin. Saat ini Kamtin sudah dalam kondisi yang sangat sehat dan sudah kembali menjalankan rutinitasnya sehari-hari.