Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia
Beritapastibisa.id - Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia - Beritasatu

Vaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia – Presiden Jokowi mengumumkan bahwa pemerintah telah mengambil keputusan bahwa seluruh masyarakat Indonesia tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk mendapatkan vaksin covid-19. Hal ini disampaikan Jokowi melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

“Jadi setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi ulang, melakukan perhitungan ulang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali,” kata Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah menawarkan 2 skema bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin tersebut. Yang pertama adalah dengan bantuan dari pemerintah, alias gratis. Sedangkan yang kedua adalah secara mandiri, yakni yang berbayar.

Skema ini kemudian mendapatkan kritikan dari berbagai pihak, karena dinilai sebagai bentuk komersialisasi vaksin covid-19 yang dilakukan pemerintah di tengah pandemi covid-19. Sampai akhirnya Jokowi pun memutuskan untuk menggratiskan vaksin tersebut untuk seluruh masyarakat.

Ia pun kemudian menginstuksikan seluruh jajarannya untuk memprioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021. Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk merealokasi anggaran lain untuk program vaksinasi gratis.

Jokowi pun menegaskan bahwa dirinya siap untuk menjadi orang yang pertama disuntik vaksin covid-19 Sinovac asal China. Hal ini, menurutnya, agar masyarakat yakin bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

Dalam tayangan yang sama, Jokowi juga mengatakan bahwa pandemi belum berakhir. Ia meminta seluruh pihak agar tetap melaksanakan protokol kesehatan.

“Terakhir saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya,” kata Jokowi.

Baca Juga: Pilkada Boven Digoel, Papua, Baru Mulai 28 Desember 2020

Menuai Apresiasi

Keputusan Jokowi untuk menggratiskan vaksin covid-19 menuai banyak pujian. Salah satunya datang dari Partai Amanat Nasional (PAN).

“Saya mengapresiasi langkah dan kebijakan presiden Jokowi yang menggratiskan vaksin untuk rakyat. Ini adalah tanda keseriusan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Semoga kebijakan ini dapat mempermudah pelaksanaan vaksinasi di Indonesia,” kata Plt Ketua Fraksi PAN, Saleh Partaonan Daulay, Rabu (16/12), seperti yang dikutip dari detik.

Oleh karena itu, ia berharap tidak ada masyarakat yang menolak vaksin, mengingat sudah digratiskan. Namun, Saleh meminta pemerintah agar terlebih dahulu memperbaiki data masyarakat yang menjadi target program vaksinasi.

“Agar program vaksinasi ini dapat berjalan dengan baik, pemerintah didesak untuk memperbaiki data-data masyarakat yang akan menjadi target sasaran. Termasuk keseimbangan persebaran dan distribusi vaksin. Paling tidak, target 70 persen dari jumlah populasi harus dapat dipenuhi,” tegasnya.