Nakes di Provinsi Papua Barat Akan Dapatkan Vaksinasi Booster Kedua
beritapapua.id - Acara pencanangan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau dosis penguat kedua bagi 8.584 tenaga kesehatan (nakes) di Provinsi Papua Barat. (Foto: Antara)

Tenaga kesehatan (Nakes) di Provinsi Papua Barat mulai mendapat vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau vaksinasi booster kedua, Senin (8/8/2022). Sebanyak 8.584 nakes di Papua Barat menjadi target sasaran vaksinasi Covid-19 dosis booster kedua atau keempat.

Jumlah untuk vaksinasi dosis booster pertama nakes di Provinsi Papua Barat sendiri sudah mencapai 73 persen. Dan sebagian nakes tersebut akan kembali menerima vaksinasi dosis booster kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat Otto Parorongan di Manokwari, mengatakan bahwa prioritas utama penerima vaksinasi Covid-19 dosis penguat kedua adalah nakes yang telah melewati enam bulan dosis penguat pertama (booster pertama).

Menurut Otto, tenaga kesehatan atau Nakes merupakan kelompok yang memiliki risiko tinggi terpapar Covid–19 selama pandemi ini masih terus berlanjut. Oleh sebab itu, vaksinasi penguat kedua masih terbatas hanya untuk tenaga kesehatan.

“Vaksinasi Covid-19 dosis penguat kedua untuk kekebalan imunitas masih diprioritaskan bagi 8.584 nakes. Karena kelompok ini memiliki risiko terpapar dalam tugasnya,” kata Otto Parorongan.

Parorongan mengatakan dalam pencanangan vaksinasi Covid-19 dosis penguat kedua ditandai dengan pemberian suntikan pertama kepada 100 nakes. Selanjutnya pelaksanaan vaksinasi booster kedua tersebut akan terlaksana secara serentak di 13 kabupaten dan kota di Papua Barat.

“Pada hari ini senin 8 Agustus 2022, 100 orang tenaga kesehatan akan menerima vaksinasi Covid–19 dosis booster kedua. Selanjutnya akan diikuti pelaksanaan di Kabupaten Kota Se Papua Barat,” Ungkap Otto Parorrongan.

Menyesuaikan Jenis Vaksin Dosis Booster Pertama

Ia menjelaskan bahwa sesuai arahan Menkes, vaksin penguat kedua bagi nakes Papua Barat disesuaikan dengan jenis vaksin yang digunakan saat menerima suntikan dosis penguat pertama.

Parorongan menyebutkan pelayanan vaksinasi Covid-19 dosis penguat kedua bagi nakes tersedia di semua tempat pelayanan vaksinasi.

Baca Juga: Dalam Sambut HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemprov Papua Barat Akan Gelar Dua Event Penting

Ia sendiri menyebut pelayanan kepada masyarakat umum yang belum menerima vaksin dosis pertama, kedua dan ketiga (booster) akan tetap berjalan. Untuk itu, ia minta kepada masyarakat segera mengikuti vaksinasi di tempat-tempat yang telah tersedia pelayanan vaksinasi.

“Cakupan vaksinasi Covid-19 khusus nakes Papua Barat hingga 7 Agustus 2022, untuk dosis pertama 127, 1 persen dari 8.584 nakes, dosis kedua 116,7 persen, dan dosis ketiga atau penguat pertama 73 persen,” kata Parorongan.