Vaksinasi Kota Jayapura Telah Mencapai Target 72%
beritapapua.id - Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dan Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru. (Dok. Humas Pemkot Jayapura)

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 72 persen dari target 231.863 jiwa.

“Vaksin pertama sudah 72 persen, kedua 50 persen. Saya minta masyarakat yang sehat agar melakukan vaksin,” ujar Tomi Mano, usai launching pemilihan kepala kampung serentak 2022 dan bimtek bagi penitia pemilihan dan panitia pengawas, di Hotel Batiqa Entrop Jayapura, Senin (22/11/2021).

Tomi Mano menjelaskan bahwa antusias masyarakat sangat baik untuk menyukseskan program vaksinasi yang sudah mulai berjalan pada Januari 2021 lalu. Hal ini juga berkat usaha pemerintah dalam mengedukasi dan mensosialisasikan program vaksinasi.

“Meski angka penyebaran Covid sudah menurun, vaksin tetap dilaksanakan agar mempercepat vaksinasi supaya semua warga tervaksin. Vaksin gratis, apalagi vaksin dapat sembako,” ujar Tomi Mano.

Dukung dan Sukseskan Program Vaksinasi

Tomi Mano berharap, seluruh warga di ibu kota Provinsi Papua itu, mendukung dan mensukseskan program vaksinasi dari pemerintah. Dengan mendukung dan ikut dalam mensukseskan program itu harapannya wilayah tersebut bisa cepat pulih dan terhindar dari infeksi wabah virus Covid-19.

“Tetap patuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, menjauhi kerumunan, mengurangi aktivitas di luar rumah, menjaga kesehatan, dan rajin berolahraga agar menguatkan imun tubuh serta berdoa kepada Tuhan agar dijauhkan dari wabah Covid ini,” ujar Tomi Mano.

Baca Juga: Kominfo Minta OPD Pemprov Papua Aktif Sebarkan Informasi Publik

Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru, mengatakan kegiatan vaksinasi akan terus berjalan dengan melibatkan berbagai unsur, seperti TNI, Polri, rumah sakit, puskesmas, dan linmas kerukunan masyarakat.

“Kita tidak akan berhenti (vaksinasi), kami terus genjot agar bisa mencapai target atau sampai semua warga wajib vaksin tervaksin, karena ini (vaksinasi) demi kebaikan dan kesehatan kita semua supaya terhindar dari Covid, sekaligus mempercapat dalam memutus penyebaran Covid-19,” ujar Rustan.

Rustan menambahkan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura siap melayani permintaan vaksinasi dari berbagai elemen komunitas masyarakat di wilayah itu. Hal ini juga merupakan upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut.

Karena menurutnya dengan menjalani vaksinasi bisa menguatkan imunitas tubuh agar tetap sehat sehingga membentuk herd immunity atau kekebalan massal.

“Tetap taat dan patuhi protokol kesehatan. Jangan lengah, tetap waspada dan berhati-hati, karena Covid masih ada di sekitar kita. Saya berharap tidak ada lagi warga yang