Varian Baru Virus Corona
Varian Baru Virus Corona, Papua Diminta Antisipasi

Varian Baru Virus Corona, Papua Diminta Antisipasi – Menanggapi persebaran virus corona varian baru ini, Badan Intelijen (BIN) Papua Barat meminta pemerintah daerah untuk waspada. Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Papua Barat, Brigjen TNI Hardani Lukitanta menyebut bahwa tindakan antisipasi perlu dilakukan.

“Terkait virus corona varian baru yang sudah ditemukan di beberapa negara, Pemprov Papua Barat harus melakukan antisipasi,” sebut Brigjen TNI Hardani Lukitanta, mengutip dari antara.

Salah satu upaya antisipasi menurut Kabinda Hardani Lukitanta adalah koordinasi antar Satgas Covid-19 yang efisien dan lancar. Selain itu, pelaporan data dan upaya pencegahan harus terkoordinasi dengan baik.

“Karena itu, koordinasi antara Satgas Covid-19 provinsi dan kabupaten kota harus berjalan lancar. Tak sekadar itu, pelaporan data, upaya pencegahan pun harus terkoordinasi dengan baik,” tegasnya.

Selain itu, Brigjen TNI Hardani Lukitanta meminta pemerintah untuk turut menerapkan rapid test antigen.

Kabinda Papua Barat juga mengimbau agar warga turut serta dalam upaya pencegahan. Antara lain dengan cara meningkatkan imunitas tubuh dengan makanan bergizi dan olahraga.

“Misalnya mendorong ketercukupan nutrisi melalui makanan yang bergizi. Dalam rangka meningkatkan imunitas tubuh ada baiknya kita dorong masyarakat untuk gemar olahraga,” ungkapnya.

Saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta dunia agar waspada terhadap varian baru virus corona. Setidaknya hingga Januari 2021 ini, terdapat 4 varian baru virus corona yang sudah menyebar dari negara asalnya.

Menurut WHO, varian baru dari Inggris telah menyebar ke 70 negara dunia. Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, menyebutkan bahwa bisa jadi varian baru ini lebih mematikan dan lebih menular. Namun, menurutnya masih perlu penelitian lebih lanjut.

Varian lainnya yang berasal dari Afrika Selatan pun telah menyebar ke negara lain. Virus ini pertama kali muncul pada Desember 2020 lalu dan telah menyebar ke 31 negara.

Update Virus Corona Papua dan Papua Barat

Baca juga: Aung San Suu Kyi dan Kudeta Myanmar

Berdasarkan data hari Minggu (31/01/2021), jumlah kasus virus corona di Indonesia terus bertambah. Termasuk di Papua dan Papua Barat. Berikut data terbaru jumlah virus corona pada kedua provinsi tersebut.

Papua

Positif: 15237
Sembuh: 8611
Meninggal: 168

Papua Barat

Positif: 6727
Sembuh: 6015
Meninggal: 111

Terus patuhi protokol kesehatan dan jaga kesehatan.