Vietnam Berhasil Menahan Pertumbuhan Covid-19
beritapapua.id - Vietnam Berhasil Menahan Pertumbuhan Covid-19 - Katadata

Vietnam baru-baru ini mengejutkan publik dalam menangani masalah pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya dalam sepekan di negara tersebut dilaporkan tidak ada penambahan kasus virus corona baru. Bahkan yang lebih mengejutkan adalah tidak ada kasus kematian di negara tersebut sejak kasus Covid-19 ditemukan pada awal Januari 2020.

Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc pada Rabu (22/4/2020) akhirnya resmi mencabut status karantina wilayah (lockdown) secara nasional di sebagian besar negara tersebut. Kebijakan lockdown yang dilakukan oleh Vietnam terbukti ampuh dalam menangani perkembangan menyebarnya kasus Covid-19.

“Tidak ada provinsi di Vietnam yang sekarang dipandang sangat rentan terhadap pandemi ini,” Kata Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari AsiaOne, Senin (27/4/2020).

Mengutip data dari worldometers.com Vietnam hanya tercatat memiliki 270 kasus Covid-19 dan tidak ada kematian sejak infeksi pertama yang terdeteksi pada Januari 2020. Catatan ini membuktikan kebijakan lockdown yang diterapkan oleh pemerintah Vietnam berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 2 Tersangka Korupsi Bupati Muara Enim Ditangkap

Mencatatkan 0 Kasus Selama 6 Hari, Dengan Pertumbuhan Tertinggi Sebesar 20 Kasus

Selain itu, kebijakan lockdown yang diterapkan oleh pemerintah Vietnam juga membuat pertumbuhan kasus Covid-19 di negara tersebut sangat kecil. Tercatat pertumbuhan kasus di negara tersebut paling tinggi sebesar 20 kasus pada 29 Mei 2020. Kemudian sejak 16 April hingga 23 April 2020 tidak ada laporan kasus baru di negara tersebut.

Pertumbuhan yang tidak terlalu tinggi tersebut menunjukkan keberhasilan Vietnam dalam menangani kasus Covid-19 di negaranya. Terlebih dari 270 kasus yang dilaporkan ada 225 orang yang berhasil disembuhkan dan tidak ada satu kasus kematian. Dengan begitu Vietnam kini hanya menyisakan 45 kasus Covid-19 yang tengah dalam masa penyembuhan.

Keberhasilan Vietnam dalam menahan laju pandemi ini tidak terlepas dari kebijakan karantina massal puluhan ribu orang, pelacakan kontak dan pengujian utnuk berhasil membendung kelompok wabah Covid-19 yang relative kecil.

Terhitung, sejak satu hari setelah dua kasus pertama terdeteksi di Vietnam, otoritas setempat menangguhkan penerbangan ke Wuhan, Tiongkok, tempat wabah muncul. Langkah Vietnam betul-betul cekatan.