Vina Panduwinata Rayakan Ulang Tahun ke-61
beritapapua.id - Vina Panduwinata Rayakan Ulang Tahun ke-61 - Nada Nadi

Diva musik Indonesia Vina Panduwinata, Berulang Tahun ke-61 pada Kamis 6/8/2020 dengan mengadakan konser virtual bertajuk ‘Colour of Hope’. Dalam acara spesial tersebut, Vina Panduwinata akan berkolaborasi dengan grup Close Friends, yang beranggotakan Iqmal Tobing, Ibet Estrya, DJ Goeslan, dan Rio Ricardo.

Selain itu kehadiran putranya, Joedo Harvianto Kartiko atau Vito dan dua penggemar beratnya membuat Vina tak bisa menahan tangis. Vina juga secara khusus mendapat ucapan ulang tahun secara virtual dari sahabat artis di antaranya Addie MS dan Memes, Rian D’Massive, Titiek Puspa, Reza Artamevia, hingga Mira Lesmana.

Dalam konser virtualnya itu,Vina bagai mengingatkan kembali kita untuk bernostalgia lewat tembang-tembang unggulan seperti ‘Burung Camar, Di Dadaku Ada Kamu, hingga Aku Makin Cinta’. Saat ditanya lagu apa yang paling bersejarah, ia lantas menyebut dua lagu yaitu ‘Aku Cinta Kepadamu dan Si Bogel’.

Sebagai putri seorang diplomat, Vina bisa saja mengikuti jejak sang Ayah Raden Panduwinata. Namun, sejak belia, kata hati Vina berkata lain. Vina ingin bernyanyi dan setelah mengikuti perjalanan dinas sang ayah ke Jerman Barat, Vina memutuskan untuk mendalami dunia tarik suara.

Baca Juga: Penularan Covid-19 Klaster RS dan Rumah Makan Ditemukan di Bogor

Meniti Karier Vina Panduwinata Sebagai Penyanyi dari Tahun 80-an

Penyanyi bernama lengkap Vina Dewi Sastaviyana Panduwinata, kelahiran Bogor, 6 Agustus 1959. Telah memulai kariernya dari tahun 1981 dibawah naungan Jackson Records, Vina berhasil mencetak album pertamanya ‘Citra Biru’. Di album ini, suaranya yang lembut mengalun halus di antara komposisi musik yang terasa sekali pengaruh barat, imbas dari bertahun-tahun tumbuh di Jerman.

Eksistensinya di dunia tarik suara memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena kariernya yang begitu cemerlang membuatnya banyak menerima penghargaan. Yang diantaranya adalah Lifetime Achievement Award pada ‘Malam Anugrah Bakti Musik Indonesia’ pada 17/3/2016.

Vina adalah salah satu artis yang patut ditimba keteladannannya sebagai ibu rumah tangga sekaligus artis penyanyi (profesional). Baginya, ibu rumah tangga itu suatu karir yang sangat istimewa dan tidak pernah ada hentinya.

Bahkan penyanyi Malaysia sekelas Sheila Majid pun menyebut Vina sebagai salah seorang penyanyi idolanya. Memang pada masa itu ia adalah icon pop Indonesia, sampai banyak penyanyi muda yang ingin menjadi seperti dirinya. Mereka bernyanyi dengan meniru gaya vokal serak-serak manja, plus selingan desah mesra khas Vina Panduwinata.

Dikenal dengan gaya centilnya membuat Dodo Zakaria terinspirasi, saat menulis lagu ‘Di Dadaku Ada Kamu’. Menurut Dodo, Vina memang pas membawakan lagu lincah dan centil.