Ikan di Papua
Viral, Ada Ikan di Papua yang Bisa ‘Jalan’

Viral, Ada Ikan di Papua yang Bisa ‘Jalan’ – Papua tak pernah habis mengejutkan dunia. Khususnya, ketika berbicara tentang alam dan keanekaragaman hayatinya. Beberapa waktu lalu, terdapat kabar bahwa ada spesies anjing langka yang muncul di pegunungan Jayapura. Pasalnya, anjing ini mengeluarkan suara yang mirip seperti menyanyi dan bukan menggonggong.

Kali ini, hewan unik berasal dari perairan Papua dan Papua Barat. Katanya, ikan ini dapat bertahan lama di daratan. Oleh karenanya, banyak yang menyebutnya bisa berjalan. Lantas, hewan apakah itu?

Adalah ikan gobi, Ikan di Papua yang mampu bertahan lama pada daratan. Pesisir dan rawa bakau menjadi habitat dari jenis ikan satu ini. Untuk jenis yang bisa berjalan pada darat ini adalah walking gobies atau gobi berjalan.

Ikan ini termasuk ikan yang gesit. Ketika melihat ada ancaman, ikan ini langsung bersembunyi ke dalam lumpur. Warnanya yang coklat membuat ikan ini sulit terlihat ketika berada pada rawa atau air berlumpur.

Hal ini yang membuat manusia sulit untuk mengamati ikan mungil ini. Untuk menangkapnya saja sulit, apalagi mendapatkan foto.

Uniknya, ikan ini memang kerap berjalan pada darat. Ini jelas ada maknanya. Pertama, gobi menari dan melompat pada darat untuk mencari pasangan. Gobi akan melompat dan mengangkat siripnya untuk mencari perhatian betina.

Kedua, gobi ke luar dari air untuk mencari makan. Ikan ini biasa memakan jentik nyamuk atau cacing.

Variasi Ikan Gobi di Dunia

"<yoastmark

Baca juga: Rasisme Terhadap Orang dan Pidananya

Ikan ini sebenarnya bukan spesies yang langka. Gobi punya lebih dari 2.000 spesies dalam lebih dari 200 genera. Artinya, gobi punya saudara-saudara lainnya yang tak hanya menetap pada rawa bakau.

Misalnya, gobi karang yang tinggal dekat karang hitam. Jenis ini hidup pada perairan tropis dan subtropis Samudera Hindia sampai ke pulau-pulau di pusat Samudra Pasifik. Bahkan di Laut Merah. Jenis satu ini pun tidak kalah unik dari walking gobies Papua.

Gobi karang hitam ini tinggal pada karang cambuk atau karang hitam yang berduri. Mereka saling membantu satu sama lain dengan cara mereka. Karang cambuk merupakan tempat yang aman bagi gobi untuk berlindung dari predator.

Jika walking gobies sembunyi dalam lumpur, maka gobi karang hitam bersembunyi pada karang. Zat khusus dari karang hitam ini mampu melindungi gobi dari predator. Sebagai gantinya, gobi membersihkan karang cambuk dari lendir dan racun ganggang.

Selain gobi karang cambuk, ada gobi kuning yang cantik dari Jepang. Kalau gobi jenis ini terkenal dengan kecantikannya. Tak ayal, banyak pehobi yang gemar memelihara mereka atau menjadi bahan foto.

Gobi kuning ini termasuk hewan yang cukup unik. Mereka semua lahir dengan jenis kelamin betina. Ketika memasuki umur yang cukup, beberapa dari mereka berubah jenis kelamin menjadi jantan. Mereka berubah kelamin sesuai dengan ukuran mereka saat ingin kawin.

Misalnya, ada dua gobi kuning dengan jenis kelamin yang sama. Ketika mereka ingin kawin, maka gobi dengan ukuran yang lebih kecil akan merubah kelamin mereka.

Bagaimana, unik kan ikan gobi ini?