Keladi Keris Papua
Keladi Keris Papua

Viral Keladi Keris Papua, Tanaman Hias yang Bisa ‘Nyanyi‘ – Belakangan ini, tanaman hias sedang naik daun. Semakin banyak orang yang gemar mengoleksi tumbuhan hias seperti jenis aglonema, keladi, calathea, dan lain sebagainya. Harganya pun kian melonjak.

Sebutlah jenis aglonema atau yang dalam bahasa Indonesia bernama Sri Rejeki. Normalnya, jenis tanaman ini punya harga kisaran 50 ribu. Namun, saat ini harganya bisa mencapai ratusan ribu bahkan jutaan.

Begitu juga tanaman hias keladi. Harganya yang saat ini bisa sampai jutaan membuat orang-orang nekat masuk hutan untuk memburunya.

Baca juga: Manfaat Pohon Sagu dari Daun Hingga Akar di Papua

Berbicara soal keladi, ada satu jenis keladi yang punya nilai sangat tinggi. Tanaman ini sempat viral pada tahun 2008 lalu lantaran kemampuan uniknya. Bayangkan, apa yang terjadi jika sebuah tanaman dapat bernyanyi?

Adalah tanaman keladi keris Papua yang konon katanya dapat mengeluarkan suara layaknya bernyanyi. Bunga yang menyerupai keris ini mengeluarkan bunyi setiap pukul pukul 19.30 hingga pukul 23.00.

Entah hal tersebut benar atau tidak, namun hal ini menjadi sorotan pada waktu itu. Kompas, memuat berita tersebut, kala keladi keris Papua ini mengeluarkan bunyi pada waktu tertentu.

“Saya tak tahu fenomena apa di balik munculnya suara pada bunga keris Papua ini, dan wartawan sendiri pun bisa langsung mendengarnya,” ujar Kurni, pemiliki keladi keris, mengutip kompas edisi 2 April 2008 lalu.

Keladi Keris Papua: Antara Kepercayaan atau Keunikan

Keladi Keris Papua
Viral Keladi Keris Papua, Tanaman Hias yang Bisa ‘Nyanyi’

Tanaman yang viral tahun 13 tahun lalu ini punya banyak keunikan. Mulai dari kemampuannya mengeluarkan suara hingga kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, HIV/AIDS.

Tanaman ini tergolong langka. Menurut pernyataan Kurni, untuk memperolehnya pun perlu perjuangan. Terdapat sejumlah artikel lainnya yang menyebut bahwa keladi ini mampu menyembuhkan penyakit. Salah satunya situs wikipedia.

Baca juga: Ini yang Terjadi Jika Sering Melalaikan Salat Witir

Tentu, pernyataan tersebut mengundang tanya. Apakah benar keladi keris punya segala kemampuan itu? Menurut beberapa sumber, tanaman ini tergolong langka. Jika benar, maka harganya pasti sangat tinggi. Bahkan mampu mencapai angka puluhan juta.

Namun, entah bagaimana saat ini justru banyak yang menjualnya secara daring saat ini. Bahkan harganya pun tidak sampai ratusan ribu rupiah. Hal ini kemudian kembali pada masing-masing orang untuk menafsirkannya. Antara kepercayaan atau memang keunikan dari keladi keris itu sendiri.

Artikel terkait keladi keris Papua tergolong pun sedikit. Tidak ada yang mampu menjelaskan asal usulnya atau pun kemampuannya untuk bernyanyi. Untuk itu, menjadi sebuah peringatan bagi masing-masing pribadi untuk mempelajari tanaman ini lebih lanjut.

Pasalnya, saat ini tanaman hias sedang menjadi tren. Tak menutup kemungkinan ada pihak yang mencoba untuk mencari untung dengan cara menipu.

Dengan demikian, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk yang percaya dengan kemampuan tanaman tersebut?