Virus Corona Telah Menyebar ke 48 Negara
beritapapua.id - Virus Corona Telah Menyebar ke 48 Negara - Olha Mulalinda

Kasus penyebaran virus corona hingga kini menjadi sebuah kasus yang menakutkan bagi seluruh masyarakat di dunia. Bagaimana tidak, kasus yang pertama kali terdeteksi di Wuhan, China ini telah menyebar dengan cepat ke 46 negara di seluruh dunia.

Dilansir laman worldometers.info sebuah website yang menyajikan info grafik secara realtime mencatat sebanyak 93.160 kasus di seluruh dunia. Dengan jumlah kematian mencapai 3.203 orang.

Angka kematian tercata mengalami penaikan yang cukup signifikan dari tanggal 22 Januari hingga 26 Februari yakni mencapai 2.804 orang meninggal dunia. Kematian terbanyak terjadi di China dengan angka 2.747 orang. Selain itu kematian baru juga tercatat di Prancis, Italia, Korea Selatan, Jepang, dan Iran.

Penyebaran virus ini pun baru-baru ini dilaporkan terjadi di luar China, bahkan di luar Asia seperti Norwegia, Romania, Georgia, Macedonia Utara, Pakistan dan Yunani.

Sementara itu penybebaran virus corona ini juga sudah dikonfirmasi telah sampai ke Afrika, setelah Aljazair melaporkan kasus pertama di negaranya. Kementerian Kesehatan Aljazair melaporkan kasus Covid-19 pertama di negaranya. Setelah tes menunjukkan seorang lelaki Italia yang tiba pada 17 Februari dinyatakan positif. Hal ini menjadi kasus virus Corona Covid-19 kedua di Afrika, setelah sebelumnya Mesir di awal bulan Februari.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Virus Corona

Peningkatan Kasus Diberbagai Negara

Melansir Channel News Asia dan kantor berita Xinhua News Agency pada hari Kamis 27 Februari 2020, Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengumumkan sudah ada 2.744 orang meninggal dunia akibat virus corona di wilayah China. Dengan 2.641 orang di antaranya meninggal di Porvinsi Hubei yang menjadi pusat wabah ini.

Korban meninggal di luar China daratan sejauh ini dilaporkan mencapai 57 orang. Jumlah itu terdiri atas 19 orang meninggal di Iran. Masing-masing 12 orang meninggal di Korea Selatan (Korsel) dan Italia. Delapan orang meninggal di Jepang, masing-masing dua orang meninggal di Hong Kong dan Prancis, dan masing-masing satu orang meninggal di Filipina dan Taiwan.

Dalam laporan lainnya, NHC menyebutkan adanya 433 kasus baru virus corona di China, dengan 409 kasus di antaranya ada di Provinsi Hubei. Ditambah dengan 3.556 kasus baru yang dilaporkan di sedikitnya 46 negara. Maka total telah ada 93.160 kasus virus corona di seluruh dunia. Dengan beberapa negara seperti Brasil, Pakistan, Norwegia, Yunani, Rumania, Aljazair dan Macedonia Utara baru saja melaporkan kasus pertama virus corona di wilayahnya.

Dengan data baru ini, maka diketahui bahwa jumlah kasus baru di luar China ini melonjak secara drastis. Data ini bahkan melampaui jumlah kasus baru di wilayah China daratan.