Vitamin Apa yang Cocok untuk Puasa?
Ilustrasi lelah (foto : shutterstock)

Vitamin Apa yang Cocok untuk Puasa? – Selama satu bulan ke depan, umat muslim akan menjalani ibadah puasa. Namun, kita semua perlu berhati-hati. Pasalnya, saat ini kita masih dalam kondisi pandemi. Artinya, butuh tenaga ekstra untuk menjaga kesehatan.

Misalnya, jika sebelumnya kita bisa meneggak teh hangat setelah kehujanan, kita tidak bisa melakukannya saat puasa. Untuk itu, penting bagi kita untuk menyiapkan segala asupan makanan saat sahur.

Salah satu cara untuk meningkatkan imun tubuh adalah mengonsumsi vitamin. Namun, dari sekian banyak vitamin, kira-kira apa yang cocok untuk puasa ya? Berikut penjelasannya.

Vitamin C dan Zinc Penting Sebelum Menjalani Puasa

Mengutip dari alodokter, vitamin C dan Zinc merupakan asupan yang penting untuk mempersiapkan hari sebelum puasa. Kita memerlukan sistem imun yang kuat serta stamina yang cukup agar dapat berpuasa dengan nyaman.

Nutrisi yang kurang dapat membuat tubuh mudah sakit. Hal ini dapat menyebabkan gangguan perkembangan fisik, mental, serta penurunan produktivitas. Tentu kita tidak mau bukan?

Untuk itu, vitamin C dan Zinc dapat membantu kita untuk menghindari hal tersebut. Vitamin C bermanfaat untuk melindungi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin ini efektif mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kehamilan, penyakit mata, hingga masalah kulit hingga membantu melindungi sel tubuh.

Kemudian, vitamin C mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta racun polusi.

Vitamin selanjutnya adalah Zinc yang mampu menjaga stamina. Kedua vitamin ini mampu menangkal rasa lelah, lemas, mengantuk, sembelit, dan pusing. Sebuah kombinasi yang pas untuk orang yang berpuasa. Lalu, dari mana kita mendapatkan vitamin ini?

Baca Juga : 3 Cara Setan Menjerumuskan Manusia ke dalam Kesesatan

Kedua vitamin ini terkandung secara alami pada makanan tertentu. Untuk vitamin C, kita bisa mengonsumsi jeruk, jambu biji, kiwi, melon, stoberi, pepaya, dan mangga saat sahur. Kemudian, untuk Zinc kita bisa mengonsumsi daging ayam, daging sapi, kacang-kacangan, jamur, gandum, sereal, susu, dan yogurt.

Atau, kita bisa mengonsumsi suplemen yang sudah mengandung kedua vitamin tersebut.

Tips Menjalani Puasa saat Pandemi

Tentu asupan vitamin tak cukup untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Pola hidup sehat juga menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan saat berpuasa dalam masa pandemi. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tidur yang Cukup

Pertama, usahakan untuk memiliki tidur yang cukup. Saat bulan puasa, aktivitas kita menjadi lebih banyak. Tertutama ihwal ibadah. Kita harus melakukan sahur pagi hari dan melaksanakan salat taraweh malam hari.

Jika kita kurang tidur, maka tubuh kita akan rentan terhadap penyakit. Terutama virus Covid-19. Untuk itu, penting bagi kita menjaga jam tidur. Minimal, waktu tidur ideal adalah 6 jam.

Apabila tidak mendapatkan tidur yang cukup, cobalah untuk tidur sejenak siang hari. Tak perlu lama-lama. Cukup 5 sampai 15 menit saja.

2. Perbanyak Nabati

Untuk memperkuat imun tubuh, perbanyaklah makanan yang mengandung nabati. Kandungan ini terdapat pada sayur, buah, sampai kacang-kacangan yang kaya nutrisi dan antioksidan.

3. Olahraga Teratur

Salah satu cara yang efektif menjaga kesehatan tubuh adalah dengan olahraga. Selain mampu meningkatkan imun tubuh, olahraga terbukti melepaskan hormon kebahagiaan. Artinya, kita jadi tidak mudah stress.

Kita tetap dapat melakukan olahraga saat berpuasa. Tentunya pada waktu-waktu tertentu yang tidak mengganggu jadwal kerja. Kemudian, kita dapat berolahraga sebelum berbuka agar tidak dehidrasi.