Wakil Gubernur Papua
Wakil Gubernur Papua

Wakil Gubernur Papua Soal Vaksin: Semua Akan Kembali Normal – Vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Jayapura Senin (04/01/2021) lalu. Sebanyak 14.680 vaksin tersebut kemudian disimpan dalam Gedung Imunisasi RSUD Jayapura.

“Dan yang pasti dalam era yang baru, kehidupan era lama (era pandemi Covid-19) tidak mungkin kembali, karena sudah berubah (karena sudah menerima vaksin),” terang Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, dalam situs resmi pemerintahan Papua.

Wakil Gubernur Papua

Menanggapi hal tersebut Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, berharap kehidupan masyarakat dapat kembali seperti semula. Pemerintah akan melakukan vaksinasi masal sebagaimana imunisasi polio pada anak-anak.

Baca juga: Tanggung Gugat Perusahaan Penerbangan

“Vaksin Covid-19 yang nantinya dilakukan pemerintah ini sama seperti imunisasi polio yang dilakukan pada anak-anak. Sehingga jika sudah di vaksin, nantinya kita bebas dan bisa berinteraksi sosial sebagaimana sebelumnya,” tuturnya.

Wakil Gubernur Klemen Tinal yakin masyarakat Papua tidak akan menolak vaksinasi. Ia menyebut masyarakatnya tidak akan menolak hal baik yang datang dari pemerintah, khususnya soal kesehatan.

“Hal yang menyangkut kesehatan saya kira masyarakat kita tidak menolak (imunisasi Covid-19). Namun sudah tugas dan tanggung jawab pemerintah, provinsi kabupaten kota (untuk ikut mensosialisasi)”, ujar Klemen Tinal.

Distribusi Vaksin Tahap Awal

Baca juga: Vaksin Covid-19, Sinovac Tiba di Indonesia

Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan melakukan distribusi vaksin tahap I pada Selasa, 12 Januari 2021. Hal ini sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesehatan nomor SR. 02.06/II/80/2021 tentang Distribusi Vaksin dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Papua, Aaron Rumainum, menyebut vaksinasi tahap I hanya untuk beberapa wilayah saja. Antara lain Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayapura, dan Kota Jayapura.

“Soal pendistribusian semua diatur oleh pihak Kementerian Kesehatan. Untuk Kota Jayapura sebanyak 7.560, Kabupaten Jayapura 2.720, dan Mimika 2.320. Dengan demikian yang masih tersimpan di gudang sebanyak 2.080,” Kata dokter Aaron mengutip dari Jubi di Jayapura, Senin (11/01/2021).

Baca juga: Program Vaksinasi Covid-19 Dimulai Januari 2021

Untuk tahap II, Dinas Kesehatan berencana melakukan pendistribusian pada bulan Februari. Hal ini mengacu pada surat edaran terkait vaksinasi pada bulan Januari. Menurut surat tersebut, vaksinasi tahap awal berfokus pada ibukota provinsi dan kabupaten/kota yang berbatasan dengan ibukota provinsi.

Aaron juga menambahkan bahwa vaksin yang baru saja tiba Senin lalu merupakan jatah tenaga medis.

“Total vaksin yang kita terima hari ini sebanyak 14.680 paket. Di mana 15 persen vaksinnya merupakan cadangan. Artinya bahwa jumlah tenaga medis yang akan mendapat vaksin sebanyak 7.000 orang dengan rincian dua kali suntik,” imbuh Aaron di Jayapura, Senin.

Ihwal vaksinasi untuk masyarakat umum, Aaron masih belum tahu. Kemungkinan besar, hal arahan vaksinasi masal akan langsung dari pemerintah pusat atau presiden.