Wakil KSAD Herman Asaribab Asal Papua Meninggal Dunia
Beritapapua.id - Wakil KSAD Herman Asaribab Asal Papua Meninggal Dunia - Kompas

Wakil KSAD Herman Asaribab Asal Papua Meninggal Dunia –┬áPemerintah Provinsi Papua menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakil KSAD) Letjen Herman Asaribab pada Senin (14/12/2020) pukul 13.40 WIB. Herman meninggal karena sakit setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

Penjabat (Pj) Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengatakan, Pemprov Papua akan mengibarkan bendera setengah tiang mulai Selasa (15/12/2020). Mengingat Herman Asaribab merupakan putra asli Papua pertama yang menjabat Wakil Kepala Staf TNI AD.

Doren menyebutkan, Herman merupakan sosok yang menjadi kebanggaan masyarakat Papua. Sebab, Herman dipercaya menduduki jabatan strategis di TNI Angkatan Darat (AD). Sebelum bertugas sebagai Wakil KSAD, Herman pernah menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih.

Adapun semasa Herman memimpin Kodam XVII/Cenderawasih, hubungannya dengan Pemprov Papua. Selama lebih satu tahun bertugas sebagai Pangdam Cenderwasih, Herman dikenal sebagai sosok ramah dan sopan yang sangat disiplin dan tegas dalam mengambil untuk menjaga stabilitas keamanan di Papua.

Sebelum diangkat menjadi Wakil KSAD pada 18 November 2020, Herman menjabat sebagai Pangdam XVII/Cenderawasih sejak 30 Agustus 2019. Ia juga pernah menjabat sebagai Pangdam XII/Tanjungpura. Lulusan Akademi Militer 1998 ini pernah beberapa kali bertugas di Papua. Beberapa di antaranya saat menjadi Komandan Yonif 751/BS Jayapura, kemudian Komandan Brigif 20/Ima Jaya Keramo Timika, Komandan Resor Militer 172/Praja Wirajakti Abepura, hingga Kasdam XVII/Cenderawasih.

Baca Juga: Kondisi Provinsi Papua Barat Kondusif Usai Pilkada Serentak

Jenazah Diterbangkan Ke Jayapura

Wakil KSAD Herman Asaribab Asal Papua Meninggal Dunia
Beritapapua.id – Wakil KSAD Herman Asaribab Asal Papua Meninggal Dunia – CNN

Herman Herman Asaribab yang lahir pada 10 Juni 1964 ini meninggal pada usia yang menginjak 56 tahun. Jenazah almarhum Letjen TNI Herman langsung diterbangkan ke kampung halaman dari Lanud Halim Perdanakusuma. Selanjutnya jenazah Herman segera diterbangkan ke Bandara Jayapura, Provinsi Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria menyatakan sejumlah jajaran petinggi Kodam XVII/Cenderawasih telah menyambut kedatangan peti jenazah mantan Pangdam XVII/Cenderawasih itu di Bandara Jayapura.

Letjen TNI Herman Asaribab rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Trikora Waena dengan upacara militer yang akan dipimpin oleh Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat, Letjen TNI Ali Bogra selaku inspektur upacara.